Mendonca, LuciaJeniaCarvalho (2015) The Implementation Of Teaching Reading Comprehension Techniques In The Tenth Grade Students At Smkn 1 Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pelaksanaan teknik pengajaran pemahaman membaca siswa di kelas X di SMKN 1 Batu. Ini berfokus untuk menjawab dua pertanyaan: (1) teknik apa yang digunakan oleh guru bahasa Inggris SMKN 1 Batu dalam mengajar membaca di sebelum-membaca, pada saat membaca dan aktivitas sesudah membaca? (2) Mengapa guru SMKN 1 Batu menggunakantekniktersebut? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di dua kelas X di SMKN 1 Batu. Subyek penelitian ini adalah siswa di hotel akomodasi dan kecantikan rambut. Instrumen yang digunakan termasuk bidang catatan, pedoman wawancara dan observasi checklist.The dikumpulkan melalui observasi di kelas ditulis dalam catatan lapangan dan tindak lanjut pertanyaan dalam wawancara guru. Data kemudian diklasifikasikan dan dianalisis berdasarkan teknik pengajaran kegiatan membaca dalam tiga tahapmenurut Nuttal (1996) dan Cahyono (1993). Temuan menunjukkan bahwa ada berbagai teknik yang guru A dan B gunakan dalam mengajar membaca. Dalam kegiatan pra-membaca, guru A menggunakan beberapa teknik seperti memperkenalkan teks, membahas kosa kata baru dan mengajukan pertanyaan terkemuka. Setelah itu, di tahap membaca, guru A menggunakan teknik membaca dalam hati, inducing imagery dan inserted questions. Kemudian, dalam kegiatan sesudah membaca, ia memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan teks bacaan dan membuat ringkasan. Guru B juga menggunakan berbagai teknik dalam kegiatan belajar mengajar. Dalam kegiatan pra-membaca, guru B menjelaskan alasan membaca. Setelah itu, di pada tahap membaca, guru B menggunakan inducing imagery dan inserted question. Kemudian, dalam kegiatan sesudah membaca, guru B mengguunakan postquestions and retelling. Alasan mengapa dua guru menggunakan teknik untuk menghindari siswa tidak merasa bosan selama kelas, karena jika mereka bosan dapat menurunkan perhatian siswa dan menurunkan kemampuan siswa untuk memahamimateri. Penelitian ingin memberikan beberapa saran. Pertama, untuk guru bahasa Inggris, guru bahasa Inggris harus lebih kreatif dalam merancang berbagai teknik kegiatan pengajaran membaca untuk membuat kelas menjadi lebih menarik. Kedua, untuk peneliti selanjutnya, yang ingin melakukan penelitian yang berkaitan dengan teknik pengajaran pemahaman membaca, disarankan untuk menganalisis lebih dalam efektifitas teknik dalam pengajaran membaca.
English Abstract
This study is aimed at investigating the implementation of teaching reading comprehension techniques in the tenth grade students at SMKN 1 Batu. It focuses on answering two questions : (1) What techniques are implemented by the English teachers of SMKN 1 Batu in teaching of reading in the pre-reading, whilst-reading and post reading activity? (2) Why do the teachers of SMKN 1 Batu use the techniques? The study employed a qualitative-descriptive approach. This study was conducted in two classes of the tenth grade students at SMKN 1 Batu. The subject of the study were 57 studentsand the two English teachers in hotel accomodations class 2 and in hair beauty class.The data instruments included fields notes, interview guide and observations checklist. The data were then classified and analyzed based on the techniques in teaching reading in the three-phase activities by Nuttal (1996) and Cahyono (1993). The findings showed that there were various techniques that teacher A and B used in teaching reading. In the pre-reading activity, the teacher A used some techniques such as introducing the text, dealing with new language and asking leading questions. After that, in the whilst-reading activity, the teacher A used silent reading that involves inducing imagery and inserted questions. Then, in the post-reading activity he used post reading questions and make a summary. The teacher B also used a various techniques in teaching and learning activity. In the pre-reading activity, the teacher B provided a reason for reading. After that, in whilst-reading activity, the teacher B used inducing imagery and inserted questions. Then, in the post-reading activity, the teacher B used post-questions and retelling. The reason why the two teachers used the techniques to avoid students from being bored during the class, because if they are bored it can decrease students attention and students’ ability to understand the material. This study offers several suggestions. First, for the English teachers, the English teacher should be more creative in designing the variety techniques in teaching reading activity to make the class becomes more interesting.Second, for the next researchers, who want to conduct other studies related to the implementation of teaching reading comprehension techniques, are suggested to analyze deeper in the efectiveness of the techniques in teaching reading comprehension.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2015/367/ 051506497 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 17 Sep 2015 15:22 |
Last Modified: | 17 Sep 2015 15:22 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101561 |
Actions (login required)
View Item |