Ramadhani, FriskaMalika (2015) Efektifitas Penggunaan Media Lagu Berbahasa Jepang Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas Xi Lintas Minat Sman 3 Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Media dalam dunia pendidikan sangat berperan penting untuk membantu proses belajar serta meningkatkan kemampuan dan minat siswa. Salah satu bentuk media yang bisa digunakan adalah media lagu dikarenakan proses rangsangan dari lagu dapat membantu otak untuk menyerap dorongan dari luar. Mengingat pentingnya media pembelajaran dalam proses belajar dalam penelitian ini akan membahas mengenai efektifitas media belajar terhadap minat belajar siswa. Data dari penelitian ini berupa data kuantitatif yang diolah dari program SPSS for windows 16.00. Penelitian ini mempunyai dua variabel yaitu media (x) dan minat (y). Minat belajar dipengaruhi oleh empat aspek yaitu kesukaan, kertarikan, perhatian, dan keterlibatan. Penelitian dilakukan pada siswa SMA dan ditemukan bahwa minat belajar siswa menggunakan media lagu berbahasa jepang tergolong tinggi. Penggolongan dilihat atau diukur berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Efektifitas media lagu yang diukur melalui skor total angket siswa tergolong kriteria sangat kuat, hasil diperoleh dengan perhitungan menggunakan rumus dan melihat tabel kriteria interpretasi skor. Diketahui perolehan skor sebesar 85,86%.
English Abstract
教育の世界では、メディアは勉強過程に役に立つ、能力と興味を増やすことに大切となる。使用するメディアの一つは曲である。なぜなら、曲からの刺激の過程が外からの衝動を吸収中で脳に役に立つ。学習メディアが勉強過程に大切で、本研究は勉強の興味による学習メディアの影響について検討する。研究データはプログラムSPSS for Windows 16.00で処理する定量的データである。本研究は変数が二つあり、それは興味 (x)と結果(y)である。勉強の興味は4様相(好き、興味、着目、関係)に影響される。研究の結果として、日本語の曲を使用する勉強に対しての学生の興味は最高を表す。その分類は所定の分類に基づいて決定される。学生の点によっての測定される曲のメディアの有効性は強力な基準に分類される。結果は定式を使用する勘定と表の解釈基準の点を見ることから得られた。その結果に基づいて、総得点は85,86%と分かる
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2015/365/ 051506495 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 18 Sep 2015 15:14 |
Last Modified: | 18 Sep 2015 15:14 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101559 |
Actions (login required)
View Item |