Teaching and Learning Process of English in Inclusive Classroom at SMK Negeri 2 Malang.

Aldian, HerlinaJeane (2015) Teaching and Learning Process of English in Inclusive Classroom at SMK Negeri 2 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Saat ini, anak-anak dengan kebutuhan khusus dapat mendaftar di sekolah dasar dan menengah reguler yang menyediakan sistem pendidikan inklusif. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan proses belajar mengajar Bahasa Inggris di salah satu ruang kelas inklusif di SMK Negeri 2 Malang. Ada tiga masalah yang perlu diselesaikan, yaitu: (1) Apa metode pengajaran dan pembelajaran yang digunakan untuk mengajar bahasa Inggris di kelas inklusif di SMK Negeri 2 Malang?. (2) Apa yang digunakan media pengajaran yang digunakan untuk mengajar bahasa Inggris di kelas inklusif di SMK Negeri 2 Malang?. dan (3) Bagaimana proses penilaian di kelas inklusif di SMK Negeri 2 Malang? Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Inggris, juru bahasa, dan kelas sepuluh program teknik komputer jaringan. Selain itu, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, lembar observasi, bukan, dan panduan wawancara. Menurut temuan penelitian ini, ditemukan bahwa proses pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris yang diterapkan di ruang kelas inklusif mirip dengan proses belajar mengajar Bahasa Inggris di kelas reguler. Terkait dengan masalah penelitian, ditemukan bahwa metode pengajaran yang digunakan oleh guru bahasa Inggris adalah metode langsung dan pengajaran bahasa komunikatif (CLT). Kemudian, tidak ada media spesifik yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Dan terakhir, penilaian yang digunakan adalah penilaian formal dan informal termasuk penilaian sumatif dan formatif. Namun, penilaian formal dan sumatif tidak dinilai selama penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti memiliki saran untuk guru bahasa Inggris untuk menerapkan metode pengajaran yang sesuai untuk siswa dengan dan tanpa kebutuhan khusus. Guru juga perlu menemukan kegiatan yang dapat melibatkan siswa dengan kebutuhan khusus lebih. Kemudian, sekolah harus lebih memperhatikan siswa dengan kebutuhan khusus untuk membantu mereka belajar lebih nyaman. Kemudian, sekolah harus melibatkan para guru dalam seminar yang membahas tentang inklusi sesering mungkin. Juga lebih baik bagi sekolah untuk merekrut lebih banyak penerjemah untuk membimbing siswa dengan kebutuhan khusus.

English Abstract

Nowadays, children with special need can enroll in a regular primary and secondary school that provide inclusive education system. This research was aimed to find the teaching and learning process of English in one of inclusive classrooms at SMK Negeri 2 Malang. There are three problems that need to be solved, namely: (1) what are teaching and learning methods used to teach English in inclusive class at SMK Negeri 2 Malang?; (2) what are teaching media used to teach English in inclusive class at SMK Negeri 2 Malang?; and (3) how is the assessment processes in inclusive classroom at SMK Negeri 2 Malang? This research used descriptive qualitative design. The subjects of this research were the English teacher, interpreter, and tenth graders of network computer technique program. Moreover, the instruments used in this research were documentation, observation sheet, field not, and interview guide. According to the finding of this research, it was found that the teaching and learning process of English applied in inclusive classroom were similar to the teaching and learning process of English in regular classroom. Related with the problems of the study, it was found that teaching methods employed by the English teacher are direct method and communicative language teaching (CLT). Then, there are no specific media used in the teaching and learning process. And lastly, the assessments used were both formal and informal assessment including summative and formative assessment. However, the formal and summative assessment was not being assessed during this research. Based on the result of this research, the researcher has suggestion for the English teacher to apply teaching method appropriate for both students with and without special need. The teacher also needs to find activity that can involve students with special need more. Then, the school has to pay more attention to the students with special needs in order to help them learn more comfortably. Then, the school should involve the teachers in seminar that discuss about inclusion as often as possible. It is also better for the school to recruit more interpreters to guide the students with special need.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/356/051506486
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 16 Sep 2015 15:26
Last Modified: 18 Oct 2021 04:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101549
[thumbnail of SKRIPSI_PDF.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_PDF.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item