Efektifitas Penggunaan Media Audio Visual ( Video Kosakata ) Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang di SMA Negeri 4 Bojonegoro Tahun 2015

Rahmawati, Itsna Novita (2015) Efektifitas Penggunaan Media Audio Visual ( Video Kosakata ) Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang di SMA Negeri 4 Bojonegoro Tahun 2015. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di dunia pendidikan yang sedang berkembang pesat ini, banyak sekolah-sekolah yang memilih bahasa Jepang sebagai bahasa Asing. Dalam mempelajari bahasa Jepang, hal yang harus diperhatikan adalah penguasaan kosakata. Sebagian besar penguasaan kosakata yang dimiliki siswa di sekolah masih sangat kurang, karena kurang menariknya media yang digunakan oleh guru. Salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran kosakata adalah media audio visual. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu bagaimana efektifitas media audio visual dalam penguasaan kosakata bahasa Jepang dan bagaimana prestasi belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Jepang setelah menggunakan media audio visual. Tujuannya adalah untuk mengetahui efektifitas media dan ada tidaknya peningkatan prestasi siswa setelah belajar dengan menggunkanan media audio visual. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk mencari efektifitas media dan tes untuk mengetahui prestasi siswa. Dari jumlah populasi sebanyak 117 siswa, sampel yang digunakan adalah sebanyak 27 siswa. Hasil dan penelitian ini menunjukkan bahwa media audio visual terbukti efektif. Ini dapat dilihat dan hasil angket yang mencapai kriteria sangat kuat yaitu sebesar 90,05%. Selain itu, terjadi peningkatan prestasi belajar siswa setelah menggunakan media audio visual sebagai media pembelajaran kosakata. Peningkatan ini dapat dilihat dari rata-rata nilai pretest sebesar 61,63 menjadi 88,89.

English Abstract

-

Other obstract

急成長している教育の世界では、多くの学校が外国語として日本語 を選択している。日本語を学ぶことでは、視覚される必要があることは単 語の理解力である。教師の使用するメデゖゕがあんまり面白くないの為に、 主として学生がもっている単語の理解力は以前平均以上である。単語の学 習における一つの使えるメデゖゕは視聴覚メデゖゕである。研究の問題は 日本語の単語の理解力における視聴覚メデゖゕの有効性で、視聴覚を使用 するのあとでの日本語の学習における学生の達成である。目的はメデゖゕ の有効性を分かること、視聴覚を使用することで勉強するのあとでの学生 の達成高度化の有無ことである。本研究は研究設計「one group pretest- posttest」を使用することによっての定性研究である。使用する手法はゕン ケートとのテストである。ゕンケートはメデゖゕの有効性を分かるに使用 し、テストは学生の達成を分かるに使用される。117 人の学生からでは、 使用する試料は 27 人の学生である。研究の結果は視聴覚メデゖゕは有効 を表す。この有効性は強力な基準を達したゕンケートの結果から見ること ができ、90.05%である。更に、単語の学習メデゖゕとしての視聴覚メデ ゖゕを使用するのあとで、学生の学習達成が上達した。この上達はプリテ ストの平均成績から見ることができ、61.63 点から88.89 点になる

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/355/051506485
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Audio Visual, Kosakata Bahasa Jepang
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 16 Sep 2015 15:23
Last Modified: 09 Nov 2021 06:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101548
[thumbnail of Skripsi_-_Itsna_.pdf]
Preview
Text
Skripsi_-_Itsna_.pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item