Using Board Game to Improve Vocabulary at Seventh Grade of SMP Wahid Hasyim Malang.

Amalia, Dianita (2015) Using Board Game to Improve Vocabulary at Seventh Grade of SMP Wahid Hasyim Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kosakata adalah salah satu komponen dasar pengajaran bahasa. Selain itu, kosakata penting untuk belajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Siswa yang ingin menguasai Bahasa Inggris harus memiliki banyak kosakata. Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan oleh peneliti, ditemukan bahwa sebagian besar siswa VII-C di SMP Wahid Hasyim Malang mengalami kesulitan dalam menguasai kosa kata dalam teks deskriptif. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti menyediakan permainan papan bernama Media yang sesuai untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas sebagai desain penelitian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas tujuh terutama di kelas VII-C SMP Wahid Hasyim Malang pada tahun akademik 2014/2015. Peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dalam satu siklus. Satu siklus terdiri dari empat pertemuan yang tiga pertemuan untuk mengimplementasikan permainan papan dan pertemuan terakhir adalah post-test. Peneliti menggunakan beberapa instrumen dalam mendukung penelitian yaitu panduan wawancara, kuesioner, daftar periksa observasi dan catatan lapangan. Setelah mengimplementasikan permainan papan, penelitian ini dapat dikatakan sukses karena memenuhi kriteria keberhasilan. Pertama, skor rata-rata postttest siswa meningkat 5 poin dari skor rata-rata pra-tes siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata post-test siswa naik 15,56 poin dari skor rata-rata pre-test siswa. Kedua, 70% siswa lulus skor standar minimum 78. Dalam studi pendahuluan, ada 18 dari 35 siswa (51,4%) yang lulus skor standar minimum bahasa Inggris lebih dari atau sama dengan 78. Hasil pasca-tes, di sana 30 dari 35 siswa (85,71%) dapat mencapai skor standar minimum 78. Dapat dikatakan bahwa kriteria kesuksesan tercapai dengan sukses. Kesimpulannya, semoga para siswa dapat mempelajari kosakata dengan beberapa kegiatan menarik seperti menggunakan papan permainan papan. Untuk guru bahasa Inggris, mereka dapat menggunakan permainan papan sebagai salah satu media alternatif dalam mengajar kosakata. Selain untuk peneliti lain, temuan dapat merujuk dalam melakukan penelitian lain di bidang yang sama. Lebih baik jika peneliti lain melakukan penelitian untuk mengajarkan keterampilan lain dengan subjek dan tingkat yang berbeda.

English Abstract

Vocabulary is one of basic component of language teaching. In addition, vocabulary is important to learn English as a foreign language. Students who want to master English should have a lot of vocabulary. Based on the preliminary study that has been conducted by the researcher, it is found that most of VII-C students at SMP Wahid Hasyim Malang got difficulties in mastering vocabulary in descriptive text. To overcome the problem, the researcher provides an appropriate media named board game to improve students’ vocabulary mastery. The researcher used classroom action research as the research design. The subject of the research is seventh grade students especially in VII-C class of SMP Wahid Hasyim Malang in academic year of 2014/2015. The researcher conducted classroom action research in one cycle. One cycle consisted of four meetings which three meetings were for implementing board game and the last meeting was post-test. The researcher used some instruments in supporting the research namely interview guide, questionnaires, observation checklist and field notes. After implementing board game, this research could be said successful because it fulfilled the criteria of success. First, the mean score of students’ posttest increased 5 point from the mean score of students’ pre-test. The result showed that mean score of students’ post-test gained 15.56 point from the mean score of students’ pre-test. Second, 70% students passed the minimum standard score of 78. In preliminary study, there were 18 out of 35 students (51.4%) who passed the minimum standard score of English more than or equal 78. The result of post-test, there were 30 out of 35 students (85.71%) could reach the minimum standard score of 78. It can be said that the criteria of success was reached successfully. In conclusion, hopefully the students can learn vocabulary by some interesting activities such as using board game media. For English teacher, they can use board game as one of alternative media in teaching vocabulary. In addition for other researcher, the finding can be reference in conducting other research in the same field. It is better if the other researcher conducting the research to teach another skill with different subject and level.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/332/051506462
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 Sep 2015 15:16
Last Modified: 18 Oct 2021 05:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101524
[thumbnail of DIANITA_AMALIA-115110500111063.pdf]
Preview
Text
DIANITA_AMALIA-115110500111063.pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item