Dampak Ketidakpemilikan Koseki di Jepang yang Tercermin pada Tokoh Tanizaki Rei dalam Drama Iki mo Dekinai Natsu Karya Sutradara Kono Keita dan Joho Hidenori,

Zein, ReyzaRodhiyatulFitriyah (2015) Dampak Ketidakpemilikan Koseki di Jepang yang Tercermin pada Tokoh Tanizaki Rei dalam Drama Iki mo Dekinai Natsu Karya Sutradara Kono Keita dan Joho Hidenori,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Karya sastra adalah objek manusiawi, faktor kemanusiaan, atau fakta kultural yang merupakan hasil ciptaan manusia. Drama merupakan salah satu bentuk karya sastra yang dapat menyampaikan suatu informasi mengenai permasalahan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini seperti yang tercermin dalam salah satu drama yang berjudul Iki mo Dekinai Natsu yang menceritakan tentang kehidupan seorang gadis bernama Tanizaki Rei yang tidak terdaftar dalam koseki. Melalui kehidupan tokoh Tanizaki Rei dalam drama tersebut, penulis menemukan dampak akibat ketidakpemilikan koseki. Untuk mengetahui dampak-dampak ketidakpemilikan koseki dalam drama tersebut, penulis menggunakan pendekatan sosiologi sastra dan konsep koseki. Selain itu, penulis juga menggunakan teori tokoh dan penokohan, serta teori mise en scene, sebagai teori pendukung dalam penelitian ini yang digunakan untuk menganalisis data. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dampak-dampak ketidakpemilikan koseki dalam drama Iki mo Dekinai Natsu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui fungsi-fungsi koseki ditemukan dampak-dampak yang diakibatkan karena ketidakpemilikan koseki yang tercermin dalam kehidupan tokoh Tanizaki Rei. Dampak-dampak ketidakpemilikan koseki yang tercermin pada tokoh Tanizaki Rei diantaranya adalah tidak terdaftar dalam kartu penduduk, tidak dapat mendaftarkan sekolah, susah mendapatkan pekerjaan tetap, tidak bisa mendaftarkan pernikahan maupun properti, dan tidak bisa pergi keluar negeri. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa koseki merupakan dokumen yang sangat penting bagi masyarakat Jepang. Apabila seseorang tidak memiliki koseki akan mengalami kesulitan dalam hidupnya. Orang tersebut tidak terdaftar dalam dokumen negara sehingga akan dianggap bukan bagian dari warga Negara Jepang. Penulis menyarankan pada penelitian berikutnya yang tertarik untuk meneliti drama Iki mo Dekinai Natsu ini dengan menggunakan pendekatan psikologi dengan tokoh Tanizaki Yoko sebagai subyeknya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/329/051506459
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 Sep 2015 14:01
Last Modified: 18 Oct 2021 05:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101520
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of CURRICULUM_VITAE.pdf]
Preview
Text
CURRICULUM_VITAE.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item