Yuriananta, Renda (2015) Pengembangan Bahan Ajar Bipa Berbasis Web. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
BIPA adalah sebuah akronim untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing. Fokus pembelajaran tersebut adalah pada pembelajaran bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua penutur asing. UPT Lintas/Bahasa FIB UB merupakan salah satu lembaga yang menyediakan program BIPA. Salah satu permasalahan yang dialami oleh pembelajar BIPA level Beginner adalah waktu pembelajaran yang cukup singkat. Permasalahan tersebut menjadi landasan untuk mengembangkan sebuah web pembelajaran BIPA yang dapat diakses oleh pembelajar tanpa batasan ruang dan waktu. Produk yang dikembangkan ini menggunakan metode interaktif dalam pembelajaran, tetapi tidak pada keseluruhan konten web. Hal ini akan membantu meningkatkan keberhasilan pembelajaran BIPA oleh penutur asing level Beginner. Produk bahan ajar ini terdiri atas 10 topik utama, 51 materi pembelajaran, dan 50 jenis soal latihan. Selain itu, ada juga forum diskusi pembelajaran dan chatting pada setiap selesai mengerjakan soal yang digunakan sebagai wahana menyampaikan kesulitan yang dialami oleh pembelajar dalam memahami materi. Hasil validasi produk yang dikembangkan ini menunjukkan persentase yang tinggi sehingga produk dapat dikatakan layak dan dapat digunakan oleh pembelajar BIPA. Hasil validasi mencapai persentase 88,3% dan hasil uji coba produk mencapai persentase 96,1%. Produk telah memenuhi kriteria kelayakan yang sudah disusun pada metode penelitian dan pengembangan. Dari hasil ini, dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan bahan ajar BIPA berbasis web ini dapat digunakan dalam pembelajaran BIPA, khususnya pada program BIPA UPT Lintas/Bahasa FIB UB.
English Abstract
BIPA is an acronym of Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing. The focus of this study is Indonesian language learning as a foreigners second language. UPT Lintas/Bahasa FIB UB is the one of institute which have a BIPAs learning program. One of the problem of BIPAs Beginner level student is short in time to learn Indonesian language. That problem be based on this researh and development to develop a BIPAs web Beginner level learning which can be access by students without spaces and times limits. This product developed by using interactive learning method. This method helped BIPAs student to increase the successful learning of BIPAs Beginner level learning. This learning material product has 10 main topics, 51 materials, and 50 kind of evaluations. Beside that, there is a discussions learning forum and chatting aplication in every points after evaluation learning. That forum and chatting aplications can be used as a space to share some problems and give a solution of the problems of the students to understand the material. The result of product validations indicated a high percentage. That high percentage indicated that the product was suitable and can be used by BIPAs Beginner level learning students. Result of the validation reached 88,3% and the result of the teacher and students reached 96,1%. This product fulfilled suitable criterias which had been stacked on chapter III. This result indicated that BIPAs web learning material can be used by BIPAs students, specially to BIPAs learning programs at UPT Lintas/Bahasa FIB UB.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2015/325/ 051506455 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 22 Sep 2015 09:21 |
Last Modified: | 21 Mar 2022 03:24 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101516 |
Preview |
Text
RENDA YURIANANTA.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |