Nilai Pendidikan Karakter Dalam Teks Prosa Fiksi Pada Buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Smp Kelas Vii

Izzati, IkaMazkia (2015) Nilai Pendidikan Karakter Dalam Teks Prosa Fiksi Pada Buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Smp Kelas Vii. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena adanya kata-kata yang tidak mencerminkan nilai pendidikan karakter dalam materi teks prosa fiksi pada buku Bahasa Indonesia kelas VII Kurikulum 2013 dan pentingnya memperhatikan kebutuhan nilai pendidikan karakter siswa di masing-masing daerah dan satuan pendidikan untuk mempermudah siswa dalam memahami dan menerapkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dalam teks prosa fiksi pada buku Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan Kurikulum 2013 SMP kelas VII dan relevansinya dengan kondisi siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 4 Malang. Sumber data dalam penelitian ini adalah teks prosa fiksi pada buku teks siswa Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan terbitan Kemendikbud dan datanya berupa kutipan kalimat dalam teks prosa fiksi yang mengandung 18 nilai pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan teknik analisis Miles dan Hubermen, yang terdiri atas data collection, reduction, display, dan conclusion drawing. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa dari 18 nilai pendidikan karakter hanya ditemukan 15 nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, yaitu nilai pendidikan karakter religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat atau komunikatif, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Nilai semangat kebangsaan, cinta tanah air, dan gemar membaca tidak ditemukan. Nilai pendidikan karakter yang dibutuhkan siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 4 Malang adalah cinta damai, sedangkan relevansi nilai pendidikan karakter dalam 13 teks prosa fiksi pada buku Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan Kurikulum 2013 SMP kelas VII dengan kebutuhan nilai pendidikan karakter siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 4 Malang ditemukan adanya kesesuaian. Dengan demikian, 13 teks prosa fiksi pada buku Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan Kurikulum 2013 SMP kelas VII dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran yang relevan dalam rangka pengajaran dan penanaman nilai pendidikan karakter untuk siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 4 Malang.

English Abstract

The current research is conducted due to the existence of inappropriate words that do not reflect the value of character education on prose fiction text in Indonesian textbook grade VII Curriculum 2013 material and due to the importance of paying attention towards the students need about value of education in every single region and every single education unit to facilitate students in understanding and applying the values. This research aims to describe the values of character education on prose fiction text in Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan Curriculum 2013 Junior High School Grade VII and its relevance to the condition of seventh grade students in SMP Muhammadiyah 4 Malang. The data source of this research is the prose fiction in students’ textbook entitled Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan published by Ministry of Education and Culture and the data are in the form of sentence quotation in prose fiction text containing 18 values of character education. This research is a qualitative research with descriptive approach. The data was collected by documenting and interviewing. The data was analyzed by using analysis technique of Miles and Hubermen which consists of data collection, reduction, display, and conclusion drawing. According to the result of the research, it is known that from the 18 values of character education, there is only 15 values of character education put into the textbook, they are including character education of religiosity, honesty, tolerance, discipline, hard work, creativity, independence, democratic, curiosity, achievement appreciation, friendly or communicative, peace loving, environmental care, social care, and responsibility. While the value of nationalism spirit, homeland loving, and love reading, are not found. The values of character education needed by students of SMP Muhammadiyah 4 Malang grade VII is peace loving, meanwhile it is found that there is a suitability of relevance of character education values in 13 prose fiction text on Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan Curriculum 2013 Junior High School grade VII to the condition of values of character education needs of SMP Muhammadiyah 4 Malang students in grade VII. Therefore, the 13 prose fiction texts in Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan Curriculum 2013 Junior High School grade VII published by Ministry of Education and Culture can be used as relevant learning material in the context of teaching and cultivating the value of character education for students grade VII in SMP Muhammadiyah 4 Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/311/ 051506441
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 22 Sep 2015 14:33
Last Modified: 22 Sep 2015 14:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101501
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item