Mutiarazani, Eka (2015) Perbandingan Efektivitas Penggunaan Teknik Pembelajaran Stad Dengan Tai Dalam Mengembangkan Kemampuan Menyusun Teks Eksplanasi Siswa Smp Negeri 1 Pacitan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kurikulum yang digunakan pada saat ini adalah Kurikulum 2013. Salah satu KD yang terdapat di dalamnya adalah menyusun teks eksplanasi. Menyusun teks eksplanasi di SMP N 1 Pacitan masih dianggap sulit. Berdasarkan hasil wawancara, guru tidak bervariasi dalam menggunakan teknik pembelajaran. Maka dari itu, peneliti ingin melihat perbedaan dari teknik STAD dan TAI untuk mengembangkan kemampuan menyusun teks eksplanasi. Teknik STAD adalah teknik pembelajaran kelompok dengan pemberian materi di awal, sedangkan TAI adalah teknik pembelajaran kelompok dengan pemberian materi di akhir. Kedua teknik ini sama-sama memberikan rewards di akhir pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) Penerapan teknik STAD dan TAI dalam menyusun teks eksplanasi, (2) Perbedaan hasil kemampuan siswa menulis teks eksplanasi dengan menggunakan teknik STAD dan TAI dan, (3) Keefektifan teknik pembelajaran STAD dan TAI untuk mengembangkan kemampuan menyusun teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pacitan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen murni bentuk pretes-post test group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada taraf signifikasi 5% dengan df 62 teknik STAD mendapat thitung (th) sebesar -4,546, sedangkan pada taraf signifikasi 5% dengan df 62 teknik TAI mendapat thitung (th) sebesar -5,088. Jika dilihat perbandingan dari kedua teknik tersebut hanya berselisih 0,609 lebih unggul STAD. Sehingga, dapat disimpulkan teknik STAD lebih efektif digunakan dalam kemampuan menyusun teks eksplanasi siswa kelas VII dibandingkan teknik TAI.
English Abstract
Curriculum used at the moment is Curriculum 2013. One of basis competencies included in it is arranging explanatory text. Arranging explanatory text in SMP N 1 Pacitan is still considered as something difficult to do. According to the interview result, teachers were not varied enough in using learning technique. STAD technique is a technique of learning by giving the material group at the beginning , while TAI is a learning technique with the provision of material group at the end . Both of these techniques are equally gives rewards at the end of learning. Therefore, the researcher wants to determine the difference of STAD and TAI technique to develop students‘ ability in arranging explanatory text. This research aims to determine (1) the applicationof STAD and TAI technique in arranging explanatory text, (2) the difference of students‘ ability result in writing explanatory text using STAD and TAI technique and, (3) the effectiveness of STAD and TAI learning technique to develop arranging explanatory text ability of students grade VII SMP Negeri 1 Pacitan. The current research used qualitative research with pure experimental design in the form of pretest-posttest group design. The result shows that in 5% signification level with df 62, TAI technique gained tcount in number of -5,088. Viewed from those two techniques, STAD‘s value is higher than the other with different value in number of 0,609. Therefore, it can be concluded that STAD technique is more effective than TAI technique in explanatory text arrangement ability of students grade VII.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2015/309/ 051506439 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 22 Sep 2015 15:07 |
Last Modified: | 22 Sep 2015 15:07 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101498 |
Actions (login required)
View Item |