Ekspresi Ketakutan Yui Dalam Lirik Lagu Tokyo, Tomorrow’s Way, Dan Merry.Go.Round Karya Yui Yoshioka

Nurani, CitraPutri (2015) Ekspresi Ketakutan Yui Dalam Lirik Lagu Tokyo, Tomorrow’s Way, Dan Merry.Go.Round Karya Yui Yoshioka. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Musik merupakan bahasa universal sekaligus salah satu budaya yang terus berkembang ragamnya dari masa ke masa. Begitu banyak jenis musik yang ada di dunia ini, salah satunya adalah musik pop. Di Jepang, musik pop disebut dengan J-pop. J-pop berakar dari musik tahun 1960-an seperti yang dimainkan The Beatles. Salah satu penyanyi J-pop yang terkenal adalah YUI Yoshioka. Pada album pertamanya, lagu-lagu yang dia ciptakan kebanyakan bernuansa muram, gelap, dan mengandung perasaan takut. Diantaranya adalah lagu Tokyo, Tomorrow’s way, dan Merry.Go.Round. Pada ketiga lagu tersebut penulis menemukan ekspresi ketakutan YUI. Untuk mengetahui bentuk eskpresi ketakutan YUI dalam lirik lagu Tokyo, Tomorrow’s way, dan Merry.Go.Round , penulis menggunakan teori yang berhubungan dengan hal tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk ekspresi ketakutan YUI dalam lirik lagu tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam album pertamanya, YUI mencurahkan perasaan ketakutan yang sempat menganggu karirnya, yaitu ketakutan yang berupa kegelisahan serta kecemasan YUI terhadap kelangsungan hidup YUI selama di kota Tokyo pada lagu Tokyo, ketakutan YUI berupa kekhawatiran yang berujung depresi terhadap dirinya dalam menatap masa depan pada lagu Tomorrow’s Way, dan yang terakhir ketakutan YUI berupa kekalutan perasaannya terhadap dirinya sendiri pada lagu Merry.Go.Round.

English Abstract

音楽は、随時、マニホールド成長を続けて普遍言語と1つの培養である。世界に色々な種類の音楽がある、ポップミュージックであるそのうちの一つ。日本では、ポップミュージックはJ- POPと呼ばれる。 J- POPは1960年代の音楽に根ざしていて、ビートルズによって作成されたの音楽である。ある人気なジャパンポップの歌手は吉岡唯である。一つ目のアルバムに作成した歌は悲しく暗く脅えの気持ちがある歌である。それは東京、Tomorrow’s WayおよびMerry.Go.Roundである。その3つの歌に吉岡唯の脅えの表現を見つけた。 3つの歌に吉岡唯の脅えの表現を見つけるため、その作詞に関して理論を試用した。研究の目的は歌の作詞に吉岡唯の脅えの表現を見つけることである。 結果として、吉岡唯は一つ目のアルバムに脅えの表現を表した。東京の歌で、東京の新生活に対する不安と不快のような感情て/で、Tomorrow’s Way の歌で、将来を心配して、最後に、Merry.Go.Roundの歌で、自分自身に対する混乱の感情である

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/307/ 051506437
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 22 Sep 2015 15:41
Last Modified: 12 Oct 2023 05:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101496
[thumbnail of CITRA PUTRI NURANI.pdf] Text
CITRA PUTRI NURANI.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item