Arintasari, Nila (2015) Code Switching Used By English Teacher of SMPN 6 Malang,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Orang bilingual mengalihkan bahasa mereka dari satu bahasa ke bahasa lain untuk berkomunikasi dengan orang lain. Pergantian kode juga terjadi di kelas bahasa Inggris di Indonesia. Penelitian ini mengamati pergantian kode yang digunakan oleh guru bahasa Inggris SMPN 6 Malang. Masalah penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis-jenis switching kode dan juga fungsi guru dalam menggunakan peralihan kode selama proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan teori yang diperosatkan oleh Hoffmann, Wardaugh, Appel dan Muyyken dan juga Gumperz. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif sebagai desain penelitian. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Inggris dari 8,6 kelas. Ada beberapa instrumen untuk mengumpulkan data, seperti panduan wawancara, kamera digital dan ponsel. Pengumpulan data dilakukan dengan merekam ucapan guru selama proses pengajaran dan pembelajaran, menyalin ucapan guru, mengidentifikasi dan menandai ucapan yang terdiri dari switching kode dan juga mewawancarai guru. Peneliti mengumpulkan 233 data yang berisi switching kode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar ucapan switching kode yang digunakan oleh guru diklasifikasikan menjadi intra-sentensial. Jenis ini terjadi 66 kali (56,89%). Kedua, inter-sentensial terjadi 32 kali (27,58%). Ketiga, membuat switching amplematis hanya terjadi 6 kali (5,17%). Keempat, menetapkan kesinambungan dengan pembicara sebelumnya yang terjadi 10 kali (8,62%) dan kelima yang melibatkan perubahan pengucapan yang terjadi dua kali (1,72%). Sementara itu, fungsi beralih kode yang sebagian besar terjadi adalah fungsi reiterasi yang terjadi 89 kali (76,06%). Selanjutnya, fungsi arahan terjadi 11 kali (9,40%). Berbeda dengan dua jenis di atas, fungsi metalinguistik hanya terjadi 6 kali (5,12%), interveksi terjadi 3 kali (2,56%), fungsi ekspresif yang hanya terjadi sekali (0,85%) dan fungsi terakhir adalah fungsi afektif 7 kali (5,98%). Peneliti menyimpulkan bahwa switching kode dapat digunakan oleh guru dan untuk mengajar bahasa Inggris sehingga bahan tersebut dapat dipahami dengan baik oleh para siswa. Peneliti memberikan saran untuk peneliti lebih lanjut untuk mengembangkan analisis pergantian kode di bidang lain terutama di bidang pendidikan karena peralihan kode menjadi fenomena umum yang dapat terjadi dalam pendidikan.
English Abstract
Bilingual people switch their language from one language to another language to communicate with others. Code switching also occur in English class in Indonesia. This study observed code switching used by the English teacher of SMPN 6 Malang. The problem of this study is to identify the types of code switching and also the function of the teacher in using code switching during the teaching and learning process. This study uses the theory which is proporsed by Hoffmann, Wardaugh, Appel and Muysken and also Gumperz. This study used descriptive qualitative as the research design. The subject of this study was the English teacher of 8.6 class. There were some instruments to collect the data, such as interview guide, digital camera and cell-phone. Data collection was done by recording the teacher utterances during teaching and learning process, transcribing the teacher utterances, identifying and marking the utterances that consist of code switching and also interviewing the teacher. The researcher collected 233 data that contain code switching. The result shows that the most code switching utterances that are used by the teacher are classified into intra-sentential. This type occurs 66 times (56,89%). Second, inter-sentential occurs 32 times (27,58%). Third, making emblematic switching occurs only 6 times (5,17%). Fourth, establishing continuity with the previous speaker that occurs 10 times (8,62%) and fifth involving a change of pronounciation that occur two times (1,72 %). Meanwhile, the function of code switching that mostly occurs is reiteration function which occurs 89 times (76,06 %). Next, directive function occurs 11 times (9,40%). Different with two types above, metalinguistic function occurs only 6 times (5,12 %), interjection occurs 3 times (2,56%), expressive function which occurs only once (0,85%) and the last function is affective function occurs 7 times (5,98%). The researcher conclude that code switching can be used by the teacher and to teach English so that the material can understood well by the students. The researcher give suggestion for the further researcher to develop the analyzing of code switching in the other field especially in education field since code switching becomes common phenomenon which can occured in education.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2015/296/051506426 |
Uncontrolled Keywords: | Bilingualism, code switching |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 15 Sep 2015 10:43 |
Last Modified: | 01 Dec 2021 03:10 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101483 |
Preview |
Text
0_COVER_LUAR.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
1_COVER_DALAM.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
2_DECLARATION_OF_AUTHORSHIP.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
3_SUPERVISORS_APPROVAL.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
A_ABSTRACT.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
4_EXAMINERS'_APPROVAL.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
B_ABSTRAK.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
C_ACKNOWLEDGEMENTS.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
I_CHAPTER_II_.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
D_TABLE_OF_CONTENTS.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
H_CHAPTER_I.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
E_LIST_OF_TABLES.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
F_LIST_OF_APPENDICES.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
J_CHAPTER_III.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
K_CHAPTER_IV.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
L_CHAPTER_V.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
M_APPENDIX_1.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
N_Appendix_2a_Interview_Guide_IN_ENGLISH.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
O_Appendix_2b_HASIL_INTERVIEW_GURU_IN_ENGLISH.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
P_Appendix_2c_Interview_guide_IN_BAHASA.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
REFERENCES.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
Q_Appendix_2d_Hasil_wawancara_GURU_IN_BAHASA.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
R_APPENDIX_3.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |