Pengembangan Multimedia Interaktif Dengan Autoplay Pada Pembelajaran Memahami Dan Mengklasifikasi Teks Eksplanasi Kelas Vii Smp Negeri 23 Malang

Hidayanti, PipitRohmatul (2015) Pengembangan Multimedia Interaktif Dengan Autoplay Pada Pembelajaran Memahami Dan Mengklasifikasi Teks Eksplanasi Kelas Vii Smp Negeri 23 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemanfaatan media dalam pembelajaran menjadi hal penting untuk membangun minat siswa dalam mengikuti pelajaran. Dalam penelitian ini tujuannya adalah (1) menghasilkan multimedia interaktif sebagai media pembelajaran memahami dan mengklasifikasi teks eksplanasi untuk siswa kelas VII SMP, (2) menerapkan multimedia interaktif sebagai media pembelajaran memahami dan mengklasifikasi teks eksplanasi untuk siswa kelas VII SMP, dan (3) mengetahui kelayakan hasil pengembangan multimedia interaktif sebagai media pembelajaran memahami dan mengklasifikasi teks eksplanasi untuk siswa kelas VII SMP. Penelitian ini menggunakan adaptasi model pengembangan Borg and Gall. Model pengembangan ini terdapat sepuluh tahap prosedur penelitian dan pengembangan, yakni (1) identifikasi masalah, (2) pengumpulan informasi, (3) desain produk, (4) validasi desian, (5) perbaikan desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk tahap akhir, dan (10) publikasi. Dalam tahapan pengembangan multimedia interaktif pembelajaran ini sudah melalui tahap validasi ahli media dan ahli materi untuk diketahui kelayakannya. Dari hasil validasi ahli media diperoleh 98,33% dan ahli materi 85,41% yang berdasarkan kriteria termasuk valid dan layak. Dari hasil validasi tersebut, media dapat diujicobakan kepada guru dan siswa. Presentase yang diperoleh dari ahli praktisi atau guru sebanyak 94,90% dan dari siswa sebanyak 85,36%. Multimedia interaktif untuk pembelajaran teks eksplanasi yang dikembangkan dengan autoplay ini disimpan dalam bentuk flashdisk. Multimedia interaktif ini memiliki keunggulan dari media pembelajaran yang lain, multimedia ini memiliki tampilan menarik, variatif, dan mudah digunakan. Multimedia interaktif ini menjadi salah satu alternatif sumber belajar dalam materi teks eksplanasi. Selanjutnya, produk pengembangan dapat dipublikasikan melalui blog, jurnal, atau forum yang lain.

English Abstract

The use of media in learning is the essence to improve students’ skill in joining theclass activities. This research is aim (1) to obtain interactive multimedia as a comprehensionlearning media and classify explanation text for the seventh grade students (2) to apply interactive multimedia as a comprehension learning media and classify explanation text for the seventh grade students (3) to know the reliability the result of interactive multimedia improvement as a comprehension learning media and classify explanation text for the seventh grade students. This research adapted Borg and Gall improvement model. There are ten procedures research and improvement, (1) case identification, (2) information submittal, (3) design product, (4) design validity, (5) revised design, (6) product trial, (7) product revision, (8) the usage trial, (9) final product revision, dan (10) publication. In this improvement stage, the learning interactive multimedia got validity from the master of media and master of material to know its reliability. From the master of media’s validity got the results about 98,33% and master of material 85,41% based on criterion included validity and reliability. From the result of validity, the media can be used as a trial to the teachers and students. The percentage that the researcher got from the master of practicer or teachers 94,90% and students got 85,36%. Interactive multimedia for explanation text learning that is improved by auto play is saved into flash disc. The interactive multimedia has more benefits than the other medias’ learning; it has attractive features, variety, and portable. This media is one of learning source alternative in explanation text material. Furthermore, the product improvement can be published into blog, journal or the other forums.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/284/ 051506414
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 17 Sep 2015 13:56
Last Modified: 17 Sep 2015 13:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101470
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item