Kesalahan Penggunaan Kata Bantu Bilangan (Josūshi) Pada Mahasiswa Sastra Jepang Angkatan 2014

Anggraeni, Siska (2015) Kesalahan Penggunaan Kata Bantu Bilangan (Josūshi) Pada Mahasiswa Sastra Jepang Angkatan 2014. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kata bantu bilangan digunakan untuk menyatakan satuan atau jumlah, frekuensi atau kekerapan, ukuran atau derajat, urutan, presentase, kelipatan dan sebagainya bagi kelompok objek (termasuk benda dan manusia) tertentu. Adanya perbedaan konsep kata bantu bilangan di Jepang dan di Indonesia menimbulkan kesalahan berbahasa bagi pembelajar. Pada penelitian ini, penulis akan membahas tentang jenis kata bantu bilangan apakah yang sering dilakukan mahasiswa Sastra Jepang Universitas Brawijaya Angkatan 2014 serta faktor yang mempengaruhi penyebab kesalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode campuran kualitatif-kuantitatif dengan menggunakan instrumen penelitian berupa tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang sering dilakukan mahasiswa Sastra Jepang Universitas Brawijaya angkatan 2014 terdapat pada kata bantu bilangan 羽(wa) di butir soal nomor 6 dengan persentase 97,6% atau 82 dari 84 responden. Faktor penyebab mahasiswa Sastra Jepang Universitas Brawijaya angkatan 2014 melakukan kesalahan tersebut karena faktor kebiasaan. Penulis menyarankan kepada pengajar sebaiknya menggunakan teknik dan metode yang menarik, selain itu harus lebih detil menjelaskan penggunaan tiap-tiap kata bantu bilangan dan lebih sering memberikan latihan soal dan tugas kelompok. Sedangkan saran untuk pembelajar, sebaiknya mencatat point penting yang dijelaskan oleh pengajar serta mencari materi dari sumber lain guna menambah wawasan tentang kata bantu bilangan. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat memperluas kajian kata bantu bilangan yang lain yang memiliki kesamaan makna dengan menggunakan instrumen penelitian berupa wawancara.

English Abstract

助数詞は特定の対象組み(人間および無生物)に対し単位・または分量、頻繁さ・寸法・温度、順番、比率、倍数などを述べるために使用される。日本とインドネシアの助数詞の構想の違いがあるため、多くの学習者がその使い方を誤用する。本研究では、2014年度ブラウィジャヤ大学日本語文学学科の学生がよく誤用した助数詞および誤用の原因を解説することにした。 本研究は混合法 (定量分析と定性分析) を使用し実施下。その分析されたデータはテストとアンケートからどられたデータの結果であった。そして研究の結果は2014年度ブラウィジャヤ大学日本語文学学科の学生が頻繁にやった誤用は「問い6」の助数詞の「羽 わ 」である。その比率は97.6% つまり84回答者の中82人が間違えたそのことである。その原因は2014年度ブラウィジャヤ大学日本語文学学科の学生の学習習慣からである。 研究の結果に基づき教師に、より面白い方法を説明する必要があるとかんがえられる。助数詞の機能をより詳しく、そのうえ問題練習や団体宿題をより多く与えられる必要がある。そして助数詞についての知識を上達するように学生に教師が指摘された大事なポイントを記入し、参考文献を手に入れることが必要と思われる。次、助数詞をもっと広げる研究したい場合、同数の意味を持つもの面接の方針で進めたら良いと思われる

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/281/ 051506411
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 17 Sep 2015 11:01
Last Modified: 17 Sep 2015 11:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101467
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item