Gender Based Motivation In Acquiring Javanese By Non-Javanese First Year Students Of English Study Program Of Universitas Brawijaya

Kholida, Zakkiya (2015) Gender Based Motivation In Acquiring Javanese By Non-Javanese First Year Students Of English Study Program Of Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Motivasi dibutuhkan dalam pembelajaran sebuah bahasa untuk meraih hasil yang memuaskan. Gender kemungkinan memiliki pengaruh dalam proses pembelajaran bahasa. Penulis melakukan penelitian mengenai motivasi dalam pemerolehan bahasa Jawa berdasarkan gender oleh mahasiswa non-Jawa tahun pertama dari Sastra Inggris Universitas Brawijaya. Penelitian yang dilakukan menggambarkan motivasi peserta dalam pemerolehan bahasa Jawa. Terdapat dua rumusan masalah yang harus dijawab: (1) apa saja tipe-tipe motivasi yang digunakan oleh mahasiswa pria dan wanita non-jawa tahun pertama program studi Sastra Inggris Universitas Brawijaya dalam pemerolehan bahasa Jawa (2) apakah ada perbedaan yang signifikan dalam motivasi pemerolehan bahasa jawa oleh mahasiswa pria dan wanita non-Jawa tahun tahun pertama program studi Sastra Inggris Universitas Brawijaya Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini sebagai metode penilitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data adalah kuisionair AMTB yang diperkenalkan oleh Gardner (1985). Total peserta dalam penelitian ini adalah 35 mahasiswa non-Jawa tahun pertama sastra Inggris Universitas Brawijaya dengan 7 peserta pria dan 28 peserta wanita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa pria memiliki nilai yang tinggi dalam integrative dan instrumental motivation, sedangkan mahasiswa wanita memiliki nilai integrative motivation yang lebih tinggi dibandingkan instrumental motivation. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kedua gender memiliki nilai integrative motivation yang lebih tinggi dibandingkan instrumental motivation. Selanjutnya, hasil penelitian juga menemukan bahwa gender tidak memiliki pengaruh dalam pemerolehan bahasa Jawa karena hasil uji t menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara nilai mahasiswa pria dan wanita. Penulis menyarankan para peneliti selanjutnya untuk meneliti motivasi dalam pemerolehan bahasa Jawa beserta sikap. Peneliti selanjutnya juga dapat meneliti tipe-tipe motivasi dengan teori serta instrumen yang berbeda, dan menggunakan seluruh mahasiswa Sastra Inggris Universitas Brawijaya sebagai peserta penelitian.

English Abstract

Motivation is needed in learning a language in order to reach a satisfying result. Gender might have an influence in the process of learning language. The writer conducted a study about motivation of acquiring Javanese based on gender by non-Javanese first year students of English Study Program of Universitas Brawijaya. The conducted study portrays the participants’ motivation in acquiring Javanese. There were two problems to be solved in this study, namely: (1) what are the types of motivation used by non-Javanese male and female first year students of English Study Program of Universitas Brawijaya in acquiring Javanese. (2) is there any significant difference of motivation in acquiring Javanese between non-Javanese male and female first year students of English Study Program of Universitas Brawijaya. Quantitative approach used in this study as the research method. The instrument used in this study to collect the data was AMTB questionnaire proposed by Gardner (1985). Total participants of this study were 35 non- Javanese first year students of English Department Universitas Brawijaya with 7 male participants and 28 female participants. This study revealed that male students have a high score in integrative and instrumental motivation, while female students have higher score in integrative motivation than instrumental motivation. It also revealed that the integrative motivation of both genders has a higher score than instrumental motivation. Furthermore, this study also found that gender has no influence in acquiring Javanese since the t-test result showed that there is no any significant difference between male and female students’ score. The writer suggested next researchers investigate the motivation in acquiring Javanese along with the attitude. The next researchers could also investigate the types of motivation with different theory and instrument, and use all English students of Universitas Brawijaya from all years as the participants of study.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/276/ 051506406
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 16 Sep 2015 14:19
Last Modified: 16 Sep 2015 14:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101461
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item