Study Of Conceptual Metaphors In Indomie Tv Commercials

Puspitasari, Sulfia (2015) Study Of Conceptual Metaphors In Indomie Tv Commercials. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pentingnya penggunaan metafora dalam sebuah iklan memicu para pembuat iklan untuk mengaplikasikan tipe-tipe konsep metafora sebagai alat untuk mempengaruhi penonton untuk membeli produk yang diiklankan. Penulis mengadakan penelitian tentang konsep metafora yang seringkali digunakan dalam beberapa TV komersil Indomie. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis konsep metafora yang digunakan oleh pembuat iklan dalam TV komersil Indomie. Penulis akan menjawab dua rumusan masalah, (1) Konsep metafora apasajakah yang digunakan didalam TV komersil Indomie dan (2) Apa makna di balik konsep metafora yang ingin disampaikan oleh pembuat iklan TV Indomie ditafsirkan dari Teori Relevansi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penulis menggunakan teori konsep metafora oleh Lakoff dan Johnson (2003) untuk menganalisis konsep-konsep yang digunakan oleh pembuat iklan dan Teori Relevansi oleh Sperber dan Wilson (1995) untuk mengetahui makna dibalik konsep-konsep tersebut. Penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat 22 ekspresi metafora yang terkandung dalam 8 Iklan TV Indomie dari tahun 2008 sampai dengan tahun 2015 yang kemudian ditarik ke dalam 6 kelompok konsep metafora. Penulis menemukan 7 konsep metafora struktural, 2 konsep metafora ontologis dan 1 konsep metafora orientational. Melalui teori Relevansi, penulis juga menemukan bahwa konsep metafora membantu pembuat iklan untuk memberitahu penonton tentang kualitas dan keaslian mie instan Indomie. Selanjutnya, hasil penelitian ini juga menunjukan adanya perpaduan dua konsep metafora dalam satu TV komersil Indomie. Penulis ingin mengajak peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian lebih lanjut yang lebih baik lagi tentang konsep metafora. Peneliti selanjutnya dapat mencoba untuk menggunakan Kövecses teori dan menganalisis makna yang tersembunyi dengan menggunakan pendekatan yang berbeda, seperti pendekatan semantik. Penulis juga menyarankan untuk peneliti selanjutnya yang tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut di bidang ini untuk melakukan penelitian dengan teknik pengambilan data yang lebih bervariasi dengan menggunakan kuisioner atau wawancara.

English Abstract

The importance of using metaphors in advertising leads the advertiser to apply types of conceptual metaphors as a tool to persuade the audiences to buy the product advertised. The writer conducted a study about conceptual metaphors which are commonly used in some Indomie TV Commercials. The aim of this study is to investigate the types of conceptual metaphors used by the advertiser in Indomie TV Commercials. There are two problems of the study to be solved, (1) What are the conceptual metaphors used in Indomie TV Commercials and (2) What are the meanings behind the conceptual metaphors delivered by Indomie TV Commercials maker interpreted from the Relevance Theory. The method of this study was qualitative approach. The writer used Lakoff and Johnson’s conceptual metaphor theory (2003) to analyze the concepts uses by the advertiser and Sperber and Wilson’s Relevance theory (1995) to discover the meaning behind the concepts. This study revealed that there are 22 metaphorical expressions contained in 8 Indomie TV Commercials published from 2008 until 2015 which drawn into 6 groups of conceptual metaphors. The writer found 7 structural metaphor concepts, 2 ontological metaphor concepts and 1 orientational concept. Through Relevance theory, the writer also found that conceptual metaphors help advertiser to tell the audiences about the qualities and the originalities of Indomie instant noodles. Furthermore, this study is also being able to discover the blend of two conceptual metaphors within one Indomie TV Commercial. The writer would like to invite further researcher to conduct further and better study in conceptual metaphors. The next researcher can used Kövecses theory and analyze the meaning by using different approach, such as semantic approach. The writer also suggests for the next researchers who are interested in doing further research in this area to conduct the research with more variation in data collection by using a questionnaire or interview.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/268/ 051506398
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 21 Sep 2015 10:49
Last Modified: 21 Sep 2015 10:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101452
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item