Intifadah, Faizzatin (2015) Kesalahan gramatika ~souda (~そうだ) pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan 2013 Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Setiap bahasa mempunyai ciri tersendiri yang tidak dimiliki oleh bahasa lainnya. Begitu juga dengan verba bantu ~souda dalam bahasa Jepang yang memiliki dua jenis, yakni denbun dan youtai. Keduanya memiliki aturan yang berbeda, sehingga mahasiswa sering melakukan kesalahan untuk merubah bentuk kata dalam gramatika ~souda tersebut. Oleh karena itu, penulis mengadakan penelitian mengenai kesalahan gramatika ~souda pada mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang angkatan 2013. Dalam penelitian ini, penulis menjawab dua rumusan masalah yaitu (1) Kesalahan bentuk gramatika ~souda apa yang dilakukan mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang angkatan 2013 Universitas Brawijaya dan (2) Termasuk jenis kesalahan gramatika ~souda apakah yang dilakukan mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang angkatan 2013 Universitas Brawijaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran (mixed methods research). Data yang digunakan merupakan hasil tes yang diujikan kepada 20 responden, yang sebelumnya telah dihitung validitas dan reliabilitasnya. Analisis di lakukan dengan cara menghitung persentase kesalahan gramatika dan jenis kesalahan berbahasa yang dilakukan mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang angkatan 2013. Kemudian memuat data dalam tabel dan mendeskripsikan hasilnya berdasarkan tabel tersebut. Dari penelitian tersebut, ditemukan kesalahan gramatika souda jenis denbun yang meliputi kata kerja (6%), kata sifat-i (13%), kata sifat-na (8%), kata benda (27%) dan kesalahan gramatika souda jenis youtai yang meliputi kata kerja (18%), kata sifat-i (11%), kata sifat-na (17%). Selain itu, jenis kesalahan berbahasa yang dilakukan oleh responden adalah kesalahan penghilangan (omission) sebesar 29%, kesalahan penambahan (addition) sebesar 26%, kesalahan salah formasi (misformation) sebesar 45%. Peneliti menyarankan kepada pengajar untuk menjelaskan materi souda secara lebih detail dan menggunakan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Sedangkan, pemelajar diharapkan untuk lebih sering berlatih soal-soal souda. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat menemukan kesalahan gramatika souda dengan objek yang berbeda, seperti komik atau film.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2015/240/051505208 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 23 Sep 2015 14:22 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 03:56 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101422 |
Preview |
Text
SKRIPSI_full.pdf Download (4MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |