Speech Style Analysis Based On Gender In Customer’s Complaints of Telkom Indonesia Banyuwangi.

Arifin, GustiPinandhita (2015) Speech Style Analysis Based On Gender In Customer’s Complaints of Telkom Indonesia Banyuwangi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bahasa adalah bagian terpenting dari masyarakat untuk berkomunikasi. Cara atau gaya ketika orang berbicara disebut sebagai gaya bicara. Penulis melakukan studi tentang gaya bicara yang digunakan oleh pelanggan Telkom Indonesia Banyuwangi ketika mereka mengeluh kepada layanan pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki jenis gaya bahasa yang digunakan oleh pelanggan pria dan wanita ketika mereka mengeluh masalah mereka dan kemungkinan alasan di balik gaya bahasa yang digunakan oleh pelanggan Telkom Indonesia Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tujuan penggunaan deskripsi yang jelas dan sistematis tentang data yang diamati. Studi deskriptif dalam analisis tekstual digunakan dalam penelitian ini untuk menganalisis percakapan pelanggan Telkom Indonesia Banyuwangi Studi ini menemukan bahwa ada tiga jenis gaya bicara yang digunakan oleh pelanggan pria dan wanita dari Telkom Indonesia Banyuwangi, seperti gaya formal, gaya konsultatif gaya kasual. Data menunjukkan bahwa gaya yang paling dominan yang digunakan oleh pelanggan adalah gaya kasual. Studi ini menemukan bahwa hanya pelanggan laki-laki yang menggunakan gaya formal ketika mereka menyampaikan keluhan mereka, sementara pelanggan wanita tidak menggunakannya. Penelitian ini juga menemukan ada empat alasan di balik gaya tertentu yang digunakan, seperti latar belakang sosial, usia pengendalian, konvergensi ucapan dan divergensi pidato. Latar belakang sosial dan usia penerima menjadi alasan paling dominan yang digunakan oleh pelanggan Telkom Indonesia Banyuwangi. Penulis berharap bahwa penelitian ini dapat menjadi bimbingan bagi para peneliti berikutnya yang ingin melakukan studi yang sama. Penulis juga menyarankan kepada peneliti berikutnya untuk melakukan penelitian tentang gaya bicara dalam berbagai fitur atau objek.

English Abstract

Language is the most important part of the society to communicate. The way or style when people speak is called as speech style. The writer conducted a study about speech style used by the customers of Telkom Indonesia Banyuwangi when they complain to the customer service. The purposes of this study are to investigate the types of language styles used by male and female customers when they complain their problems and the possible reasons behind the language styles used by the customers of Telkom Indonesia Banyuwangi. This study used qualitative approach in purpose to the use of clear and systematic description about the data being observed. Descriptive study in textual analysis is used in this study to analyze the conversation of the customers Telkom Indonesia Banyuwangi This study found that there were three kinds of speech style used by male and female customers of Telkom Indonesia Banyuwangi, such as formal style, consultative style and casual style. The data showed that the most dominant style used by the customer was casual style. This study found that only male customer who used formal style when they delivered their complaints, while female customers did not use it. This study also found there were four reasons behind certain styles used, such as social background, age of addressee, speech convergence and speech divergence. Social background and age of the addressee became the most dominant reasons used by the customers of Telkom Indonesia Banyuwangi. The writer hoped that this study can be the guidance for the next researchers who want to conduct the same study. The writer also suggested to the next researchers to conduct researches about speech style in different features or objects.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/239/051505207
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 23 Sep 2015 14:15
Last Modified: 18 Oct 2021 03:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101420
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item