Elianti, Anisa (2015) Content Analysis of Textbook When English Rings a Bell for the Seventh Graders. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis isi yang meliputi isi umum, keterampilan bahasa, organisasi sistematis, bahan, media yang digunakan dan tata letak buku teks When English Rings a Bell untuk siswa kelas tujuh. Penelitian ini dilakukan untuk melihat apakah buku teks When English Rings a Bell untuk siswa kelas tujuh telah memenuhi kriteria isi yang baik dalam sebuah buku teks menurut Cunningsworth (1995) dan Brown (1978). Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Evaluasi tersebut dikategorikan in-use evaluation Cunningsworth (1995). Sampel dalam penelitian ini adalah bab 1,4,6 dan 8 yang secara sengaja diambil dari buku teks When English Rings a Bell untuk siswa kelas tujuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah daftar periksa yang dikemukakan oleh Cunningsworth (1995) dan Brown (1978) tentang isi yang meliputi isi umum, keterampilan bahasa, organisasi sistematis, bahan, media yang digunakan dan tata letak buku teks. Data dianalisis dengan menganalisis buku teks berdasarkan kriteria yang disebutkan dalam daftar periksa. Untuk membenarkan hasil analisis buku teks oleh penulis, penulis menggunakan pendapat guru yang dilakukan dari wawancara dan persepsi siswa yang dilihat dari diskusi kelompok terfokus tentang isi buku teks When English Rings a Bell yang mencakup konten umum. , keterampilan berbahasa, sistematika organisasi, bahan, media yang digunakan dan tata letak buku teks. Data yang dianalisis dalam daftar periksa dibandingkan dengan hasil wawancara guru dan diskusi kelompok terarah menunjukkan buku teks When English Rings a Bell untuk siswa kelas tujuh mendapat nilai 2,5 atau baik secara umum, 2,14 atau baik dalam keterampilan bahasa , 3 atau sangat baik dalam organisasi yang sistematis, 1,9 atau adil dalam bahan, 3 atau sangat baik dalam media yang digunakan, 2,25 atau baik dalam tata letak. Sebagai kesimpulan, buku teks When English Rings a Bell untuk siswa kelas tujuh dianggap baik (atau rata-rata skornya 2,46) dalam mencakup enam aspek konten yang baik dalam buku teks. Buku ajar tersebut telah mencakup kriteria yang dibutuhkan mengenai isi umum, kemampuan berbahasa, sistematika organisasi, bahan, media yang digunakan dan tata letak sebagai kriteria isi buku ajar yang baik.
English Abstract
This study is intended to analyze the content which includes general content, language skills, systematic organization, materials, media used and layouts of the textbook When English Rings a Bellfor the seventh graders. This study is conducted to see whether or not When English Rings a Bell textbook for the seventh graders has fulfilled the criteria of good content in a textbook by Cunningsworth (1995) and Brown (1978). The design of the study is descriptive qualitative study. The evaluation is categorized in-use evaluation Cunningsworth (1995). The samples in this study are chapter 1,4,6 and 8 which are purposively taken from the textbook When English Rings a Bell for the seventh graders. The instruments used in the study are the checklists proposed by Cunningsworth (1995) and Brown (1978) about the content which includesgeneral content, language skills, systematic organization, materials, media used and layout of the textbook. The data are analyzed by analyzing the textbook based on criteria mentioned in the checklists. To justify the result of analyzing the textbook by the writer, the writer used the teachers‟ opinion which is conducted from interview and the students‟ perception which is seen from focus group discussion about the content of When English Rings a Bell textbook which includes general content, language skills, systematic organization, materials, media used and layout of the textbook. The data which are analyzed in the checklists compared with the result of teacher interview and focus group discussion show the textbook When English Rings a Bell for the seventh graders got score 2,5 or good in general content, 2,14 or good in language skills, 3 or excellent in systematic organization, 1,9 or fair in materials, 3 or excellent in media used, 2,25 or good in layout. In conclusion, When English Rings a Bell textbook for the seventh graders is considered good (or 2,46 in the average score) in covering six aspects of the good content in the textbook. The textbook has already covered the criteria needed concerning with general content, language skills, systematic organization, materials, media used and layout as good content criteria of the textbook.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2015/202/051504459 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 18 Sep 2015 16:12 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 16:05 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101379 |
Preview |
Text
Anisa_Elianti-115110500111037.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |