Propaganda Jepang Pada Bidang Industri Di Pulau Jawa Dalam Majalah Djawa Baroe Edisi 1 – 24 Tahun 1943-1944Propaganda Jepang Pada Bidang Industri Di Pulau Jawa Dalam Majalah Djawa Baroe Edisi 1 – 24 T

Firmansyah, FajarArsyi (2015) Propaganda Jepang Pada Bidang Industri Di Pulau Jawa Dalam Majalah Djawa Baroe Edisi 1 – 24 Tahun 1943-1944Propaganda Jepang Pada Bidang Industri Di Pulau Jawa Dalam Majalah Djawa Baroe Edisi 1 – 24 T. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Invasi Jepang dimulai pada tahun 1937 dengan tujuan awal ke wilayah Manchuria dan dilanjutkan penyerangan ke markas besar Amerika Serikat di Pearl Harbor pada akhir tahun 1941 dan berujung dengan terjadinya perang Asia Pasifik. Terjadinya perang Asia Pasifik membuat Jepang bergerak ke Asia Tenggara untuk mencari sumber daya alam guna mendukung kebutuhan perang hingga ke wilayah Indonesia. Tibanya Jepang di Indonesia, disambut dengan perlawanan dari Belanda yang saat itu masih menduduki Indonesia. Namun perlawanan itu tidak berlangsung lama, pada tanggal 8 Maret Belanda menyerah kepada Jepang tanpa syarat di Kalijati. Kekalahan Belanda oleh Jepang, membuat Jepang diterima baik oleh masyarakat Indonesia dan kesempatan itu digunakan Jepang untuk membuat beberapa kebijakan dalam mengeksploitasi sumber daya alam salah satunya melalui propaganda. Dalam mengeksploitasi sumber daya alam Indonesia, Jepang melakukannya melalui tenaga sumber daya manusia yang dikenal dengan Romusha. Seperti yang terlihat pada Majalah Djawa Baroe, Jepang melakukan propaganda dalam segala bidang baik industri, militer, budaya, pendidikan, politik, dan lain sebagainya melalui artikel bergambar dan karya sastra. Dalam penelitian kali ini penulis tertarik meneliti mengenai salah satu bentuk propaganda Jepang pada bidang industri di Pulau Jawa dalam Majalah Djawa Baroe edisi 1-24 tahun 1943-1944. Pada penelitian kali ini, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif, pengumpulan data dan analisis serta teori yang digunakan adalah teori New Historicism. Penelitian ini berfokus pada bentuk-bentuk propaganda pada bidang industri yang dilakukan Jepang pada artikel bergambar dan karya sastra syair lagu serta membahas mengenai muatan propaganda yang terkandung dalam majalah ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa artikel bergambar dan syair lagu dalam Majalah Djawa Baroe ini dijadikan Jepang sebagai media propaganda untuk mengeksploitasi sumber daya alam guna mendukung dan memenuhi kebutuhan perang Jepang melalui tenaga manusia sebagai mesin pekerja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/2/051500354
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 22 Jan 2015 14:29
Last Modified: 18 Oct 2021 05:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101375
[thumbnail of PROPAGANDA_JEPANG_DALAM_BIDANG_INDUSTRI_DI_PULAU_JAWA_DALAM__MAJALAH_DJAWA_BAROE.pdf]
Preview
Text
PROPAGANDA_JEPANG_DALAM_BIDANG_INDUSTRI_DI_PULAU_JAWA_DALAM__MAJALAH_DJAWA_BAROE.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item