Hartono, Firstanti Nuriska (2015) Writing Competence Mapping of The Students' Writing Skill in Recount Text. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Bahasa merupakan alat penting untuk berkomunikasi. Di antara ratusan bahasa, bahasa Inggris menjadi bahasa internasional. Dalam bahasa Inggris, ada empat keterampilan utama, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Dan menulis adalah keterampilan yang paling kompleks. Selama pembelajaran bahasa Inggris, siswa bahasa Indonesia mengalami kesulitan karena struktur kalimat yang berbeda. Jadi, mereka membuat berbagai kesalahan dalam menulis. Penulis melakukan penelitian tentang pemetaan kompetensi menulis pada siswa menulis teks recount yang menunjukkan kekuatan dan kelemahan siswa dalam menulis. Ada dua masalah; apa kekuatan dan kelemahan siswa dalam menulis teks recount dan apa pemetaan kompetensi menulis siswa dalam menulis teks recount. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Itu juga dikombinasikan dengan cara kuantitatif. Dilaksanakan di SMKN 4 Malang. Subjek penelitian adalah 36 siswa kelas X RPL-C. Hal ini dilakukan untuk memahami fenomena sosial dan memberikan penjelasannya. Analisis data terdiri dari mengidentifikasi kesalahan siswa, menilai hasil tulisan siswa, dan menarik kesimpulan. Dalam menganalisis data, penelitian ini menggunakan jenis kesalahan berdasarkan teori Dulays dan rubrik penilaian yang diadaptasi dari Buku Guru Kurikulum 2013. Penelitian ini mengungkapkan bahwa dalam menulis, siswa memiliki kekuatan dan kelemahan tertentu dalam tiga aspek; organisasi, isi, dan bahasa. Kekuatan siswa dalam organisasi menunjukkan bahwa mereka dapat mengatur paragraf sesuai dengan struktur umum teks recount. Kemudian, secara isi, siswa memiliki kekuatan dalam menyusun ide orisinal dan ide pendukung relevansi. Dalam bahasa, kekuatan siswa adalah dalam membuat urutan kalimat yang baik dan benar. Hal itu diperkuat dengan hasil penulisan yang hanya memiliki 3% misordering. Selanjutnya untuk kelemahannya, siswa tidak menunjukkan adanya masalah dalam berorganisasi. Pada konten, kelemahan siswa adalah dalam mengelaborasi cerita karena mereka kekurangan kosa kata. Dalam bahasa, kelemahan siswa ada pada penghilangan (65%), penambahan (12%), salah formasi (10%), dan kesalahan lainnya (10%). Dan untuk pemetaan kompetensi, persentase kompetensi menulis siswa dalam organisasi adalah 38%, konten 33%, dan bahasa 29%. Penelitian ini bermanfaat bagi siswa, guru, dan peneliti selanjutnya. Diharapkan guru dan siswa mengetahui kelebihan dan kekurangan, sehingga dapat saling mendukung dalam pengembangan keterampilan menulis. Dan semoga hasil ini dapat mendukung peneliti selanjutnya.
English Abstract
Language is an important tool for communication. Among a hundred of languages, English becomes the international language. In English, there are four primary skills, namely listening, speaking, reading, and writing. And writing is the most complex skill. During the English learning, the Indonesian students get difficulty because of the different sentence structure. So, they make various errors in writing. The writer conducted a research about writing competence mapping in students writing recount text which shows the students strengths and weaknesses in writing. There are two problems; what are the students strengths and weaknesses in writing recount text and what is the students writing competence mapping in writing recount text. This research is a descriptive qualitative research. It was also combined with quantitative ways. It was conducted in SMKN 4 Malang. The subject was 36 students of X RPL-C. It was conducted to understand the social phenomena and give the explanation. Data analysis consists of identifying the students error, scoring the students written product, and drawing conclusions. In analyzing the data, this research used types of error based on Dulays theory and scoring rubric adapted from Buku Guru Kurikulum 2013. This research reveals that in writing, students have certain strengths and weaknesses in three aspects; organization, content, and language. The students strength in organization showed that they can organize paragraph in line with the generic structure of recount text. Then, in content, the students have strength in composing original idea and relevance supporting idea. In language, the students strength was in creating good and correct order of sentences. It was strengthened by the result of writing which only has 3% of misordering. Furthermore, for the weakness, the students did not show any problems in organization. In content, the students weakness was in elaborating the story because they were lack of vocabulary. In language, the students weaknesses were in omission (65%), additions (12%), misformations (10%), and other errors (10%). And for the competence mapping, the percentage of students writing competence in organization was 38%, content was 33%, and language was 29%. This research is useful for students, teachers, and further researcher. It is expected that teachers and students know the strengths and weaknesses, so they can support each other in writing skill development. And hopefully these results can support the next researcher.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2015/193/051504450 |
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi menulis,pemetaan kompetensi menulis, teks recount |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 18 Sep 2015 14:03 |
Last Modified: | 01 Dec 2021 02:47 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101368 |
Preview |
Text
cover-list_of.pdf Download (4MB) | Preview |
Preview |
Text
1-2.pdf Download (9MB) | Preview |
Preview |
Text
3-dafpus.pdf Download (12MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |