The Textbook Analysis: The Communicativeness of a Textbook Entitled Bahasa dan Sastra Inggris (Pemintan Bahasa dan Budaya) Untuk SMA dan MA Kelas X”.

Wati, Dian Fajar (2015) The Textbook Analysis: The Communicativeness of a Textbook Entitled Bahasa dan Sastra Inggris (Pemintan Bahasa dan Budaya) Untuk SMA dan MA Kelas X”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Buku teks yang berjudul Bahasa dan Sastra Inggris (Peminatan Bahasa dan Budaya) Untuk SMA dan MA Kelas X yang diterbitkan oleh MEDIATAMA Surakarta disusun untuk Program Peminatan yang dikembangkan oleh Kurikulum 2013. Kemampuan buku teks dalam menyajikan materi secara komunikatif menjadi fokus dalam penyusunan buku teks yang baik. Hal itu sesuai dengan tujuan kurikulum 2013 yang menekankan pada pembelajaran mandiri dan pembelajaran terpusat pada siswa. Oleh karena itu, peneliti melakukan analisa terhadap kekomunikatifan buku teks tersebut. Aspek yang dianalisa pada buku teks tersebut meliputi aspek aktifitas komunikatif, komponen komunikatif, dan interaksi komunikatif. Alasan peneliti melakukan penelitian pada buku teks ini karena buku teks ini digunakan oleh para guru dan siswa serta menjadi bahan ajar Program Peminatan Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan isi buku serta menjelaskan seberapa komunikatif buku teks tersebut. Penelitian ini didasarkan pada empat “checklist” yang dibuat oleh para ahli, antara lain; Cunningsworth (1995), Litz (2005), Lawrence (2011), dan BSNP (2014). Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengidentifikasi isi buku teks dengan menggunakan checklist tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesesuaian untuk aktivitas komunikatif adalah 70% atau dikategorikan baik, komponen komunikatif sebanyak 57,86% atau dikategorikan baik, dan untuk interaksi komunikatif sebanyak 12,5% atau dikategorikan buruk. Berdasarkan nilai rata-rata ketiga aspek tersebut dapat disimpulkan bahwa kekomunikatifan buku teks ini sebanyak 46,94%. Hal ini menunjukkan bahwa buku ini bisa digunakan sebagai materi pembelajaran, namun para guru disarankan untuk memberikan materi ajar tambahan dari sumber yang lain agar dapat mencapai tujuan pembelajaran komunikatif.

English Abstract

A textbook entitled Bahasa dan Sastra Inggris (Pemintan Bahasa dan Budaya) Untuk SMA dan MA Kelas X which is published by MEDIATAMA Surakarta is one of textbooks for Program Peminatan. It is considered that the textbook is developed based on Curriculum 2013. One thing that should become a focus of a good textbook is the communicativeness to support students’ independent learning as well as facilitate student-centered learning as the ultimate goal of Curriculum 2013. Therefore, the communicativeness of the textbook is worth analyzing. The communicativeness of the textbook is analyzed through communicative activities, communicative components, and communicative interactions. The researcher conducts this analysis to the textbook because it has been used by teachers and students during the implementation of Curriculum 2013. This study uses descriptive method in picturing the content of the textbook and explaining the communicativeness of the textbook. The analysis is based on 4 experts’ checklists; Cunningsworth (1995), Litz (2005), Lawrance (2011), and BSNP (2014). The data are collected by identifying the content of the textbook with criteria on the communicative textbook evaluation checklist. The result shows that the percentage for communicative activities criteria is 70.45% or it is categorized as good. The percentage for communicative components criteria is 57.86% or it is categorized as good, and communicative interactions was 12.5% or it was categorized as poor. The average score of the communicativeness of the textbook in terms of those three criteria is 46.94%. It means that the textbook can be used as teaching materials, but teachers are widely recommended to add some other materials from other resources to reach the communicative objective.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/182/051504218
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 18 Sep 2015 09:06
Last Modified: 27 Oct 2021 04:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101357
[thumbnail of SKRIPSI_-_Copy.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_-_Copy.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item