Analisis Kesalahan Pelafalan Bahasa Mandarin pada Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Lamongan Tahun Ajaran 2014-2015.

Octavia, Nurila Shanti (2015) Analisis Kesalahan Pelafalan Bahasa Mandarin pada Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Lamongan Tahun Ajaran 2014-2015. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelafalan merupakan cara manusia dalam mengucapkan bunyi bahasa. Pelafalan bahasa Indonesia dengan bahasa Mandarin sangat berbeda. Pelafalan dalam bahasa Mandarin ada 3, yaitu konsonan, vokal dan nada. Apabila salah melafalkan nada maka dapat berbeda makna. Karena ketepatan pelafalan dalam bahasa Mandarin sangat penting, maka peneliti tertarik untuk meneliti tentang analisis kesalahan pelafalan siswa kelas XII SMK Negeri 1 Lamongan tahun ajaran 2014-2015. Penelitian ini membahas tentang pelafalan bahasa Mandarin secara menyeluruh, yaitu mencakup pelafalan konsonan, vokal dan juga nada. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi kesalahan pelafalan yang sering dilakukan oleh siswa dan untuk mengetahui presentase kemampuan siswa dalam melafalkan bahasa Mandarin. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, yaitu dengan mendeskripsikan kesalahan pelafalan yang dilakukan oleh siswa disertai pelafalan yang tepat sesuai dengan International Phonetic Alphabet, setelah itu peneliti menghitung jumlah kesalahan pelafalan dan ketepatan pelafalan para siswa untuk mengetahui presentase kemampuan pelafalan siswa. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa banyak mengalami kesalahan pelafalan nada dan konsonan. Presentase kemampuan siswa kelas XII SMK Negeri 1 Lamongan tahun ajaran 2014-2015 dalam melafalkan bahasa Mandarin adalah 85%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa mayoritas siswa mampu melafalkan bahasa Mandarin dengan tepat.

English Abstract

发音是说出语言声音的方法。印尼语发音与汉语发音有很大的区别。 汉语发音有三个要素:声母,韵母和声调。假如讲错汉语发音,意思就会改 变。因为汉语发音的准确很重要,所以作者对 SMK Negeri 1 Lamongan 2014-2015 三年级学生汉语发音错误分析很感兴趣。 本研究里面调查完整的 汉语发音,包括声母,韵母和声调的发音。本研究的目标是想了解学生们发 音错误的描述,还想知道学生们发音能力的百分比。 本研究是定量描述方法的,就是描述学生们汉语发音的错误根据国际 音标的表音,然后统计学生们汉语发音错误数和准确数。 从研究的结果可以知道学生们最多发音错误是声调和声母。SMK Negeri 1 Lamongan 2014-2015 三年级的学生发音能力的百分比是 85%. 因此 得出的结论是学生大部分都能讲准确汉语发音。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/167/051504203
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan, Ortografi, Pelafalan
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.1 Chinese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Cina
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 18 Sep 2015 09:52
Last Modified: 18 Oct 2021 03:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101340
[thumbnail of SKRIPSI_NURILA_SHANTI_OCTAVIA_(115110401111012).pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_NURILA_SHANTI_OCTAVIA_(115110401111012).pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item