Conversational Style Used By Najwa Shihab And The Mallarangengs On Mata Najwa Talk Show Program Jurus Mallarangeng Episode

Tandungan, ElysaRatnaSariDewi (2015) Conversational Style Used By Najwa Shihab And The Mallarangengs On Mata Najwa Talk Show Program Jurus Mallarangeng Episode. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini membahas gaya percakapan yang dilakukan oleh Najwa Shihab dan keluarga Mallarangeng dalam program acara bincang Mata Najwa episode Jurus Mallarangeng. Mata Najwa adalah salah satu program acara bincang yang dipandu oleh jurnalis senior Najwa Shihab. Dalam penelitian ini, penulis mencoba untuk menganalisis gaya percakapan yang di lakukan oleh Najwa Shihab, Andi Mallarangeng selaku mantan Menteri Pemuda dan Olahraga sekaligus tersangka kasus korupsi Hambalang dan Rizal Mallarangeng selaku juru bicara keluarga Mallarangeng. Permasalahan yang harus di jawab dalam penelitian ini yaitu gaya percakapan apa yang dilakukan oleh Najwa Shihab dan keluarga Mallarangeng adalah program acara bincang Mata Najwa episode jurus Mallarangeng. Teori utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori dari Tannen (2005), dan didukung dengan teori dari Yule (1996). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif karena penulis mencoba untuk menganalisa ucapan-ucapan Najwa Shihab dan Keluarga Mallarangeng. Data dalam penelitian ini adalah ucapan ucapan Najwa Shihab dan keluarga Mallarangeng yang mengandung unsur gaya percakapan dalam gelar wicara Mata Najwa episode Jurus Mallarangeng. Penulis menemukan bahwa Najwa Shihab dan keluarga Mallarangeng lebih sering menggunakan high involvement style dari pada high considerateness style di setiap segmen. Hal tersebut di buktikan dengan penggunaan dari setiap fitur high involvement style seperti topic, pacing, dan expressive paralinguistic yang dikemukakan oleh Tannen (2005), yang lebih sering dari pada high considerateness style seperti slow turn taking dan slow rate of speech yang di kemukakan oleh Yule (1996). Sebagai ringkasan, Najwa Shihab sering menggunakan high involvement style untuk mengupas kasus korupsi Hambalang yang melibatkan keluarga Mallarangeng. Selain itu, Andi Mallarangeng dan Rizal Mallarangeng menggunakan high involvement style untuk mengklarifikasi kebenaran dari kasus korupsi Hambalang. Penulis menyarankan kepada mahasiswa jurusan bahasa agar menganalisis tentang gaya percakapan. Selain itu, penulis juga menyarankan pada peneliti selanjutnya untuk meneliti tentang gaya percakapan menggunakan objek yang berbeda seperti acara bincang Oprah Winfrey.

English Abstract

This study investigates the conversational style used by Najwa Shihab and The Mallarangengs on Mata Najwa talk show program Jurus Mallarangeng episode. Mata Najwa is one of Metro TV talk show programs hosted by a senior journalist, Najwa Shihab. In conducting the research, the writer tries to analyze the conversational style used by Najwa Shihab, Andi Mallarangeng who is the Former Minister of Youth and Sports Affairs as well as the suspect of Hambalang corruption case, and Rizal Mallarangeng who is The Mallarangengs Spokesman. The problem to be solved the study is what is the conversational style used by Najwa Shihab and the Mallarangengs on Mata Najwa Talk Show Program Jurus Mallarangeng Episode. The main theory used in this study is Tannen’s (2005), supported by Yule’s (1996) theory. This study used qualitative approach since the writer tried to analyze the utterances of Najwa Shihab and The Mallarangengs. The data of the study were Najwa Shihab’s and The Mallarangengs’s utterances containing conversational style in Mata Najwa talk show Jurus Mallarangeng episode. It was found out that Najwa Shihab and The Mallarangengs often used high involvement style than high considerateness Style almost in every segment. It is proven by the usage of each feature of high involvement style such as topic, pacing and expressive paralinguistic proposed by Tannen (2005), which are often use than high considerateness style such as slow turn taking and slow rate of speech proposed by Yule (1996). To sum up, Najwa Shihab often uses high involvement style to criticize Hambalang corruption case, which involve The Mallarangengs. Further, Andi Mallarangeng and Rizal Mallarangeng use high involvement style to clarify the truth about hambalang corruption case.The writer suggests English Department students discussed about conversational style. She also suggests the next researchers conduct a study about conversational style using different object, such as Oprah Winfrey talk show.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/166/ 051503858
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 15 Sep 2015 15:31
Last Modified: 15 Sep 2015 15:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101339
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item