Developing The Song To Teach Language Components For The Seventh Graders Of Smp Wahid Hasyim Malang

Ganjarsari, RimaDamai (2015) Developing The Song To Teach Language Components For The Seventh Graders Of Smp Wahid Hasyim Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia memiliki perbedaan pada sistem Bahasa, seperti pada kosa kata, cara pengucapan kata, dan struktur penyusunan kalimat. Perbedaan tersebut membuat siswa sekolah menengah pertama yang termasuk dalam level pemula, cenderung mengalami kesulitan. Selain itu, penerapan kurikulum 2013 sebagai kurikulum baru membuat siswa cenderung bosan dalam mengikuti pelajaran karena materi yang diberikan dalam satu bab terlalu banyak. Permasalahan tersebut juga ditemukan di kelas 7B SMP Wahid Hasyim Malang. Oleh sebab itu, seharusnya guru menyediakan media dan meteri yang menarik untuk para siswa. Melalui studi ini, penulis akan mengadakan penelitian mengenai pengembangan lagu untuk mengajarkan komponen-komponen Bahasa untuk siswa kelas 7 di SMP Wahid Hasyim Malang. Rumusan masalah yang akan dijawab dalam studi ini adalah bagaimana cara mengembangkan lagu untuk mengajarkan komponen-komponen Bahasa untuk siswa kelas 7 di SMP Wahid Hasyim Malang? Studi ini menggunakan R&D sebagai model penelitian. Terdapat delapan tahapan dalam studi ini, seperti analisa kebutuhan, perencanaa, pengembangan media dan materi, validasi ahli, revisi 1, uji coba, revisi 2, dan produk akhir. Penulis menggunakan pendekatan deskripsi kualitatif untuk menjelaskan deskripsi sistematis tentang tahapan-tahapan dalam mengembangkan sebuah lagu. Studi ini memberikan penjelasan mengenai satu per satu tahapan dalam mengembangkan lagu. Pertama, dalam tahapan analisa kebutuhan menunjukkan bahwa permasalahan siswa adalah tentang kurangnya penguasaan kosa kata, cara pengucapan kata, dan struktur kalimat. Kedua, dalam tahapan perencanaan, penulis menetapkan tujuan produk, menentukan perlengkapan, para ahli, dan kolaborator, serta membuat perhitungan waktu. Ketiga, mengembangkan lagu dengan menggunakan melodi terkenal dari “Goyang Dumang” dan mengganti liriknya dengan menggunakan empat program, seperti Adobe Audition, Audacity, Movie Maker, dan Subtitle Edit. Keempat, melewati tahapan validasi ahli dan uji coba, serta mendapatkan umpan balik dari kedua tahapan tersebut. Akhirnya, lagu untuk mengajarkan komponen-komponen Bahasa telah dikembangkan oleh penulis untuk menjawab rumusan masalah dari studi ini. Penulis memberikan beberapa saran untuk siswa dan guru Bahasa Inggris di kelas 7B SMP Wahid Hasyim Malang, untuk para guru yang mengajar Bahasa Inggris sebagai Bahasa asing, dan untuk peneliti selanjutnya, sebaiknya menggunakan produk lagu ini untuk mendukung kegiatan pembejaran dan menggunkan studi ini sebagai pedoman untuk mengembangkan materi, media, dan latihan soal untuk para siswa.

English Abstract

English and Bahasa Indonesia have different language systems, such as in vocabulary, pronunciation, and grammar. Those differences make the students in Junior High School that can be categorized as beginner level of the students, are considering getting difficulty. In addition, the newest curriculum, Kurikulum 2013, which consists of many materials in one chapter also make the students are considering to get bore. Those problems are also found in 7B class of SMP Wahid Hasyim Malang. Therefore, the teacher should provide interesting media and material to the students. By this study, the writer conducts a research in developing the song to teach language components for the seventh graders of SMP Wahid Hasyim Malang. The problem that will be answered by this study is how to develop the song to teach language components for the seventh graders of SMP Wahid Hasyim Malang? This study uses R&D as the research design. There are eight procedures in this study, namely needs analysis, planning, media and material development, expert validation, revision 1, try out, revision 2, and final product which are adapted from Borg and Gall (1983) and Lee (2013). The writer uses descriptive qualitative as the approach in order to explain systematic description about the procedures in developing the song. This study provides systematically explanations about each procedures in developing the song. Firstly, in needs analysis step reveals that the students’ problems are lack in mastery vocabulary, pronunciation, and grammar. Secondly, in planning step, the writer sets the objective of the song, choose the devices, choose the experts, choose the collaborator, and make an estimation of the time. Thirdly, developing the song using familiar melody of “Goyang Dumang” and change the lyrics through four kinds of programs, namely Adobe Audition, Audacity, Movie Maker, and Subtitle Edit. Fourthly is passing the expert validation and try out step and getting the feedback of them. Finally, the song to teach language components is developed by the writer in order to answer the problem of the study. The writer gives some suggestions for the students and English teacher in 7B class of SMP Wahid Hasyim Malang, for the English teacher who teach TEFL, and for the next research, better to use this study to support the learning activity and use this product as the guideline to develop another interesting material, media, exercises, and research.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/154/ 051503538
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 14 Sep 2015 15:26
Last Modified: 14 Sep 2015 15:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101326
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item