Anggraini, Kristina (2015) Ketertarikan Siswa Kelas Xi Bahasa Man Jombang Terhadap Media Pembelajaran Prezi Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Jepang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Ketertarikan siswa dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi perhatian dan motivasi, sedangkan faktor eksternal meliputi faktor bahan pelajaran, faktor metode pelajaran, faktor media pendidikan dan fasilitas pendidikan (alat peraga), faktor lingkungan, faktor tenaga pengajar dalam pembelajaran, dan faktor pengaruh ekonomi dalam belajar. Prezi termasuk dalam faktor media pendidikan dan fasilitas pendidikan (alat peraga). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif prosentase, yakni mendeskripsikan bagaimana ketertarikan siswa dan apa alasan siswa tertarik pada media pembelajaran prezi yang digunakan guru dalam pembelajaran kosakata bahasa Jepang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari total 30 siswa, 21 siswa dengan prosentase 70% diantaranya sangat tertarik, 8 siswa dengan prosentase 27% tertarik, 1 siswa dengan prosentase 3% tidak tertarik dan 0 siswa dengan prosentase 0% sangat tidak tertarik pada media prezi yang digunakan dalam pembelajaran kosakata bahasa Jepang. Alasan siswa tertarik pada media pembelajaran prezi ialah: 1) prezi mempunyai template yang menarik dan kemampuan zooming objek. 2) prezi mampu meningkatkan semangat belajar siswa sehingga tidak bosan. 3) menggunakan prezi siswa lebih fokus pada materi. 4) prezi mampu menarik perhatian siswa. 5) prezi membantu siswa dalam memahami dan mengingat kosakata benda bahasa Jepang. 6) prezi membantu siswa lebih mudah mengerjakan soal latihan. Penulis menyarankan untuk penelitian selanjutnya bisa dilakukan analisis mengenai pengaruh media pembelajaran prezi terhadap pemahaman kosakata Bahasa Jepang maupun hasil belajar. Selain itu, juga bisa meneliti penggunaan media pembelajaran prezi untuk pengajaran tata Bahasa Jepang.
English Abstract
学生の何かに対する興味は内外要因に支えることができる。内部要因が興味と刺激という要因を含め、外部要因が教材、教授法、教育機関施設(小道具)、環境、教師、経済という要因を含む。Prezi等が教育機関施設の要因を含む。 本研究は記述批判という方法で使用する。つまり、日本語の語彙学習に使うPreziの学習メディアに対する学生の興味の理由を記述すること。 本研究の結果は、日本語の語彙学習に使うPreziに対する興味に関しての 30人のアンケートという結果を見ると、70% が「非常に興味を持っている」と、27% が「興味を持ってる」と、3% が「興味を持たない」と、0% が「非常に興味を待たない」と答えることが分かる。学生が興味を持っている理由は色々であり、1) Preziは面白いテンプレと対象を拡大する能力を持っていることだし、2) Preziは学生の勉強モチベーションを増やすことだし、3) Preziを使って学生が授業に中心できることだし、4) Preziは学生の興味を増やすことだし、5) Preziは日本語の語彙を理解し暗記するに支えられることだし、6) Preziは学生が練習問題を解答するに支えることである。 次の研究は日本語の語彙の分かりあるいは学習成果に対するPreziの学習メディアの使用の影響に関して分析である。さらに、日本語文法教授にPreziの学習メディアの使用を研究することができる
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2015/147/ 051503308 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 15 Sep 2015 09:10 |
Last Modified: | 22 Mar 2022 02:40 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101318 |
Preview |
Text
SKRIPSI_(Kristina_Anggraini).pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |