Comprehension Disorder of The Schizophrenic Character in The Movie “Donnie Darko”.

Anggraeni, Dhira (2015) Comprehension Disorder of The Schizophrenic Character in The Movie “Donnie Darko”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bahasa adalah sebuah alat komunikasi yang digunakan orang untuk menyampaikan pesan, oleh karena itu, hal tersebut penting bagi kehidupan manusia. Namun, di dalam penggunaan bahasa, terdapat banyak permasalahan yang membuat seseorang memiliki gangguan bahasa. Salah satu isu masalah yang memiliki pengalaman dengan gangguan bahasa terdapat pada karakterakter utama di film “Donnie Darko” yang menderita skizofrenia. Berdasarkan peristiwa tersebut, penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman dan penjelasan tentang (1) gejala positif schizophrenia yang menyebabkan gangguan pemahaman dan (2) jenis-jenis gangguan pemahaman yang diderita oleh karakter utama skizofrenia dalam film "Donnie Darko". Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripsi kualitatif. Data yang digunakan adalah ucapan dan beberapa adegan yang mengandung gangguan pemahaman yang diproduksi oleh Donnie Darko. Dalam hal ini, penulis menggunakan jurnal tentang skizofrenia dalam DSM IV (Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders, 2000) untuk menganalisis permasalahan pertama mengenai gejala skizofrenia dan teori dari Andreasen (1979) untuk menganalisis permasalahan kedua mengenai jenis-jenis gangguan pemahaman. Hasil temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 20 data yang terdiri dari 23 ucapan yang mengandung jenis gangguan pemahaman yang dihasilkan oleh karakter utama dalam film "Donnie Darko". Selain itu, terdapat 2 gejala positif skizofrenia, yaitu delusi dan halusinasi yang membuat Donnie Darko mengalami gangguan pemahaman. Jenis gangguan pemahaman yang dialami oleh Donnie Darko adalah poverty of content, tangentiality, derailment, circumstantiality and perseveration. Tangentiality sebagian besar terjadi dalam ucapan Donnie Darko. Penulis menyarankan kepada para peneliti berikutnya yang ingin menganalisis gangguan pemahaman untuk melakukan penelitian ini dengan menggunakan subjek dan teori yang berbeda. Selain itu, peneliti dapat juga menyelidiki gangguan pemahaman yang dialami oleh pasien yang nyata.

English Abstract

Language is an instrument of communication that people use to convey message, therefore, it is important for human life. However, in the use of language, there are some problems that make a person has language disorder. One of the issues that deals with language disorder is the main character in the movie “Donnie Darko” suffer from schizophrenia. Based on the phenomenon, this study aims to obtain an understanding and explanation about (1) the positive symptoms of schizophrenia causing comprehension disorder and (2) the types of comprehension disorder suffered by the main schizophrenic character in the movie “Donnie Darko”. This study used descriptive qualitative approach. The data were the utterances and some scenes that containing comprehension disorder produced by Donnie Darko. In this case, the writer used the journal of schizophrenia in the DSM IV (Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders, 2000) to analyze the first problem about the symptoms of schizophrenia and the theory from Andreasen (1979) to analyze the second problem about the types of comprehension disorder. The findings of this study showed there were 20 data which consisted of 23 utterances that contained comprehension disorder produced by the main character in the movie “Donnie Darko”. Moreover, there were 2 positive symptoms of schizophrenia, namely delusion and hallucination which made Donnie Darko experienced comprehension disorder. The types of comprehension disorder suffered by Donnie Darko were poverty of content, tangentiality, derailment, circumstantiality and perseveration. Tangentiality mostly occurred in Donnie Darko utterances. The writer suggests for the next researchers who want to analyze comprehension disorder to conduct this study by using different subject and theories. Besides, the researcher can also investigate comprehension disorder experienced by a real patient.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/141/051503172
Uncontrolled Keywords: Gangguan Pemahaman, Skizofrenia, Schizophrenic, Film Donnie Darko; Comprehension disorder, Schizophrenia, Schizophrenic, Donnie Darko movie.
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 07 May 2015 13:55
Last Modified: 18 Oct 2021 02:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101312
[thumbnail of Thesis_Dhira_Anggraeni_(0911113014).pdf]
Preview
Text
Thesis_Dhira_Anggraeni_(0911113014).pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item