Language Function Used in Manusia Setengah Salmon book by Raditya Dika.

Arisandy, Made Dessy (2015) Language Function Used in Manusia Setengah Salmon book by Raditya Dika. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini mengkaji fungsi bahasa yang digunakan dalam buku Manusia Setengah Salmon oleh Raditya Dika. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan jenis-jenis fungsi bahasa apa saja yang di pakai didalam buku dan jenis apa yang paling banyak dipakai di dalam buku tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hal ini dikategorikan sebagai analisis wacana karena metode penelitian ini menganalisis penggunaan fungsi bahasa dalam buku humor. Data yang dikumpulkan adalah dari tiga cerita yang saling berhubungan dari sembilan belas judul terkait dengan judul buku tersebut yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teori fungsi bahasa oleh Roman Jakobson. Hasil dari penelitian ini menunjukkan beberapa fungsi bahasa yang digunakan oleh karakter di dalam buku, termasuk penulis buku. Fungsi bahasa tersebut diantaranya: fungsi referensial, fungsi emotif, fungsi konatif, fungsi metalingual, fungsi patik, dan fungsi puitis. Fungsi referensial adalah fungsi yang paling banyak yang digunakan oleh Raditya Dika sebagai penulis dalam menceritakan pengalaman hidupnya di dalam buku tersebut dengan jumlah tiga puluh empat paragraf. Kemudian, fungsi bahasa yang efektif digunakan adalah fungsi referensial, fungsi emotif, dan fungsi patik sedangkan fungsi konatif, fungsi metalingual, dan fungsi puisi jarang ditemukan di buku tersebut. Karena penelitian ini hanya meneliti jenis dan fungsi bahasa yang paling banyak digunakan, hal ini akan lebih menarik untuk mengasosiasikannya dengan teori lain seperti sosiolinguistik, psikolinguistik, drama atau teori lain pada data yang dipilih. Sebagai tambahan, peneliti menyarankan peneliti selanjutnya untuk memulai penelitian lebih lanjut terhadap buku humor atau fenomena bahasa lain dengan menggunakan teori lain pada fungsi bahasa.

English Abstract

This study investigates language functions used in Manusia Setengah Salmon book by Raditya Dika. The objectives of the study are to find the kinds of language function used by the author in the book and to describe the most dominant kinds of language functions found. This study uses descriptive qualitative approach. It is categorized as discourse analysis because this study analyzes the used of language in humor book genre. The data are collected from three short stories of nineteen stories which are related to the whole story and those are analyzed by using Roman Jakobson theory on language functions. The result of this study shows that there are several language functions used by the character in the book, including the author. They are; referential function, emotive function, conative function, metalingual function, phatic function, and poetic function. Referential function is the most dominant kind of language function used by Raditya Dika. This function is used in describing of Raditya Dika experience of his life in the book with thirty four sentences used. Then, the effective of language functions found in the book are, referential function, emotive function, and phatic function while conative function, metalingual function, and poetic function are rarely used in the book. Since this study is only analyzing the kinds and most dominant of language function used, it is more interesting to associate it with others theories such as sociolinguistics, psycholinguistics, drama or other theories that contains on the data are chosen. Besides, the researcher suggested next researcher to start further researches in any humor book genre or another phenomenon of language by using the other theory on language functions.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/120/051502062
Uncontrolled Keywords: Analisis wacana, fungsi bahasa, buku manusia setengah salmon
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Apr 2015 08:43
Last Modified: 01 Dec 2021 02:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101289
[thumbnail of Language_Function_Used_in_Manusia_Setengah_Salmon_book_by_Raditya_Dika.pdf]
Preview
Text
Language_Function_Used_in_Manusia_Setengah_Salmon_book_by_Raditya_Dika.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item