Tinjauan Teori Pilihan Rasional Pada Tindakan Pembunuhan Sone Takashi Oleh Tokoh Kushimori Shuichi Dalam Film Ao No Honoo Karya Yukio Ninagawa

Arimurti, Prasastiningtyas (2014) Tinjauan Teori Pilihan Rasional Pada Tindakan Pembunuhan Sone Takashi Oleh Tokoh Kushimori Shuichi Dalam Film Ao No Honoo Karya Yukio Ninagawa. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sastra merupakan sebuah karya seni yang merupakan sebuah ekspresi kehidupan manusia. Seiring modernisasi, media ekspresi sastra berkembang salah satunya melalui film. Salah satu jenis film yang saat ini sedang marak ditayangkan adalah film kriminalitas. Salah satu contoh film yang mengangkat tema kriminalitas adalah Ao no Honoo karya Yukio Ninagawa. Film ini bercerita tentang seorang anak SMA bernama Kushimori Shuichi yang membunuh ayah tirinya. Dalam usahanya melakukan tindak kriminal penulis menemukan bahwa ada proses rasionalisasi tindakan kriminal yang dilakukan oleh Shuichi Kushimori. Untuk membuktikan proses rasionalisasi tersebut, penulis menggunakan pendekatan teori pilihan rasional dan terfokus pada usaha Shuichi dalam merencanakan tindak kriminal. Penulis juga menggunakan teori penokohan dan teori mise-en-scene sebagai teori pendukung dalam penelitian ini guna menganalisis film lebih dalam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses rasionalisasi tindak pembunuhan yang dilakukan oleh Kushimori Shuichi terhadap Takashi Sone. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tindak kriminal remaja yang tidak dapat digolongkan sebagai kenakalan remaja biasa yang didasarkan pada emosi sesaat saja. Di balik tindakan tersebut terdapat usaha rasionalisasi atau pembenaran suatu tindak pelanggaran hukum. Penulis menyarankan pada penelitian berikutnya yang menggunakan film ini sebagai data penelitian, agar menggunakan pendekatan feminisme guna memperkaya apresiasi terhadap film ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2014/85/051400783
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 12 Feb 2014 11:03
Last Modified: 22 Oct 2021 03:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101249
[thumbnail of SKRIPSI_-_PRASASTININGTYAS_ARIMURTI_-_SASTRA_JEPANG_-_2009.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_-_PRASASTININGTYAS_ARIMURTI_-_SASTRA_JEPANG_-_2009.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item