American Consumerism Ideology Portrayed In Plants Vs Zombies Video Game

Murti, WahyuRinarasWidya (2014) American Consumerism Ideology Portrayed In Plants Vs Zombies Video Game. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Konsumerisme dalam masyarakat Amerika tidak terlepas dari ideologi mereka yang terkenal yaitu, The American Dream (Life, liberty, dan persuit of happiness). Hal inilah yang membuat masyarakat Amerika memiliki kebebasan untuk hidup lebih baik dari yang lain dan mewujudkan kebahagiaan mereka. Kebahagiaan seringnya terpuaskan oleh hasrat kebendaan yang membuat masyarakat Amerika menjadi masyarakat yang konsumtif. Di dalam skripsi ini penulis ingin mengungkapkan konsumerisme pada masyarakat Amerika yang terwujud dalam permainan Plants vs. Zombies. Teori yang digunakan adalah teori kajian budaya, karena teori ini sesuai sebagai pendekatan untuk menganalisa perwujudan konsumerisme masyarakat Amerika yang digambarkan dalam permainan Plants vs. Zombies. Hasil temuan menunjukkan bahwa aturan atau cara main permainan ini mengharuskan pemain untuk terus membeli. Beberapa zombie merepresentasikan masyrakat Amerika, selain itu zombie itu sendiri menggambarkan keinginan manusia yang tidak pernah terpuaskan. Untuk para peneliti selanjutnya, penulis menyarankan untuk menganalisa permainan tersebut dari sudut pandang berbeda seperti mengggunakan semiotik dengan menitikberatkan hubungan tanaman dan zombie. Sehingga para peneliti selanjutnya bisa menggunakan teori kapitalisme atau ekokritisisme. Pilihan lainnya adalah menganalisa hubungan antara setiap karakter tanaman dan zombie terhadap masyarakat Amerika dengan menggunakan pendekatan psikologis.

English Abstract

Consumerism in American society can not be separeted from their ideology, namely the American Dream (life, liberty, and persuit of happiness). This makes American people have their freedom to live better than others American society and bring their happiness into reality. Often, happiness satisfied by material desire that makes American people become consumtive society. In this thesis the writer wants to elaborate consumerism in American society portrayed in Plants vs. Zombies video game. The writer uses cultural studies to analyze this thesis because it is suitable to analyze American consumerism potrayed in Plants vs. Zombies video game. Research findings show that rules of this game, Plants vs. Zombies game are aimed to led the player to keep on plants and upgradaing their plants to defeat the zombies. Some zombies represent American society. In addition, the zombies themselves potray humans desire that is never satisfied. For the next researcher, the writer suggests to analyze this game from different view. The next researcher may use semiotic by focusing on plants and zombies relation. Another choice is analyzing the characters of plants and zombies character by using psychological approach.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2014/75/051400773
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 13 Feb 2014 10:50
Last Modified: 22 Oct 2021 03:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101238
[thumbnail of -SKRIPSI-Wahyu_Rinaras_WM_(0911113037)_sastra_inggris.pdf]
Preview
Text
-SKRIPSI-Wahyu_Rinaras_WM_(0911113037)_sastra_inggris.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item