Eksistensi Diri Dalam Puisi Modern Jepang pada Puisi Sora no Aosa wo Mitsumeteiruto, Watashi wa Kotoba wo Yasumasenai, dan Watashi wa Watashi no Naka e Kaetteyuku Karya Tanikawa Shuntaro

Wiragama, ErghaLuthfi (2014) Eksistensi Diri Dalam Puisi Modern Jepang pada Puisi Sora no Aosa wo Mitsumeteiruto, Watashi wa Kotoba wo Yasumasenai, dan Watashi wa Watashi no Naka e Kaetteyuku Karya Tanikawa Shuntaro. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Karya sastra merupakan suatu karya imajinatif dari seorang penulis yang berdasarkan kesadaran dan tanggung jawab kreativitas sebagai karya seni. Karya sastra juga merupakan salah satu bentuk ungkapan keindahan seorang pengarang terhadap lingkungannya. Dalam penelitian ini, penulis mengambil salah satu penyair yang masih aktif dalam kesusastraan di Jepang sampai saat ini adalah Tanikawa Shuntaro. Tanikawa Shuntaro dikenal di Jepang bahkan dunia karena puisinya mengusung tema humanis. Penulis dalam penelitian ini mengambil judul Eksistensi Diri Dalam Puisi Modern Jepang pada Puisi Sora no aosa wo mitsumeteiruto, Watashi wa kotoba wo yasumasenai, dan Watashi wa watashi no naka e kaetteyuku Karya Tanikawa Shuntaro. Dalam penelitian kali ini penulis akan mangambil rumusan masalah Bagaimanakah cara manusia menunjukkan wujud eksistensi dirinya dalam puisi modern Jepang pada puisi Sora no aosa wo mitsumeteiruto, Watashi wa kotoba wo yasumasenai, dan Watashi wa watashi no naka e kaetteyuku karya Tanikawa Shuntaro. Penelitian kali ini menggunakan pendekatan objektif yang lebih menekankan kepada struktural dari puisi tersebut. Struktruk puisi meliputi struktur fisik diantaranya : diksi atau pilihan kata, kata konkret, dan imajinasi. Sedangkan struktur batin meiputi : tema, perasaan penyair, nada dan suasana, dan amanat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manusia yang mencoba menunjukkan eksistensi dirinya di tengah masyarakat. Usaha yang dilakukan dengan cara mendapatkan kebebasan, banyak berbicara dan menginginkan dirinya bermanfaat bagi sesama. Penulis menyarankan kepada mahasiswa jurusan bahasa agar dapat memperkaya pengetahuan akan karya sastra puisi. Setiap pengarang mempunyai gaya tersendiri yang dapat diketahui dari makna yang akan disampaikan. Hal ini tentunya dapat diketahui dan dikembangkan dengan berbagai metode penelitian yang lain misalnya pendekatan ekspresif dan semiotika.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2014/63/051400761
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 12 Feb 2014 11:24
Last Modified: 22 Oct 2021 03:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101225
[thumbnail of ABSTRAKSI.pdf]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of JUDUL_DLL.pdf]
Preview
Text
JUDUL_DLL.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR_DAN_DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR_DAN_DAFTAR_ISI.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item