Non Verbal Symbolic Mode In Kebo-Keboan Ceremony In Dusun Krajan Kabupaten Banyuwangi

Wulandari, LindaAstriDwi (2014) Non Verbal Symbolic Mode In Kebo-Keboan Ceremony In Dusun Krajan Kabupaten Banyuwangi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Upacara ritual mengandung berbagai simbol sebagai cerminan perasaan, emosi, sikap, dan mitos yang ada di dalam masyarakat. Semiotika berhubungan eratdengan tanda yang meliputi simbol, ikon, dan indeks yang dapat ditemukan pada fenomena-fenomena sehari-hari di lingkungan masyarakat. Simbol-simbol yang mewakili komunikasi antara budaya dan masyarakat sangat menarik untuk diteliti sebagai analisis emiotika. Penelitian ini berfokus pada studi tentang simbol dan mitos yang terdapat dalam upacara Kebo-keboan di Dusun Krajan Kabupaten Banyuwangi dan mitologi yang mempengaruhi interpretasi simbol-simbol tersebut. Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif terhadap fenemona yang dipelajari. Peneliti memilih analisa konten sebagai jenis penelitian karena dianalisa berdasarkan data yang diperoleh dari hasil observasi pada upacara Kebokeboan 2013 dan wawancara mendalam dengan narasumber yang mengerti secara detail tentang upacara Kebo-keboan untuk memperoleh data berdasarkan rumusan masalah. Ada tiga kelompok simbol non-verbal yang terdapat pada upacara Kebokeboan, yaitu benda-benda fisik (mencakup aktor dan perlengkapan pendukung), tindakan (pergerakan dalam IderBumi); dan setting (waktu, lokasi, dan suasana). Selain itu interpretasi simbol-simbol yang terdapat pada upacara Kebo-keboan dapat dilaksanakan dengan menggunakan tiga langkah yaitu dengan teori pemaknaan denotasi dan konotasi yang dikemukan oleh Roland Barthes. Mitologi yang ada di Dusun Krajan pun mempengaruhi interpretasi simbol dalam upacara ini. Saran untuk peneletian selanjutnya adalah hendaknya memiliki kemampuan untuk memenejemen waktu dalam penelitian lapang sehingga bisa memperoleh informasi yang mendalam mengenai objek yang diteliti. Selain itu, peneliti selanjutnya yang ingin mengadakan penelitian yang serupa, hendaknya mereka fokus pada simbol verbal dan non-verbal sekaligus agar bisa mendapatkan makna upacara Kebo-keboan secara keseluruhan.

English Abstract

Ritual ceremony contains many symbols as the reflection of feelings, emotions, attitudes, and myth in the society. Semiotics is deeply concerned about signs including symbol, icon, and index that can be found in daily phenomenon of human environment. The symbols represent the communication between culture and society is very interesting to investigate as the semiotic analysis. This study was conducted to discover non-verbal symbolic mode in Kebo-keboan ceremony in Dusun Krajan Kabupaten Banyuwangi and mythology which is influenced that symbols. This study uses qualitative approach focused on the phenomena being studied. Content analysis as the type of the research because it analyzed the data obtained from the observation of Kebo-keboan ceremony 2013 and in-depth interview with some people who know well about the ritual ceremony, such as the Culture Expert of Banyuwangi to get some data based on the research problem. There are three classifications of non-verbal symbol found in Kebo-keboan ceremony. Those are physical objects (subjects or actors of Kebo-keboan ceremony and supporting equipment), behaviors (the action and the movement of the parade of Kebo-keboan in Ider Bumi); and setting (time, location, atmosphere). Moreover the interpretation of symbol found in Kebo-keboan ceremony can be conducted in denotation and connotation theory by Roland Barthes. The mythologies in Dusun Krajan also influenced the interpretation of non-verbal symbolic mode in Kebo-keboan ceremony. The suggestion for the next study is to have a good time management during research field to get the deep information. Furthermore, the next study better to conduct both verbal and non-verbal symbolic mode of myth to get the whole meaning of Kebo-keboan ceremony.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2014/61/051400759
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 17 Feb 2014 13:56
Last Modified: 21 Oct 2021 08:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101223
[thumbnail of Linda_Astri_Dwi_Wulandari.pdf]
Preview
Text
Linda_Astri_Dwi_Wulandari.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item