Reader’s Interpretation on Social criticism toward Soeharto Found In Truck Graffiti.

Meliana, Ike (2014) Reader’s Interpretation on Social criticism toward Soeharto Found In Truck Graffiti. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini adalah analisa mengenai kritik sosial Soeharto yang digunakandalam graffiti truk. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan maksud tersirat dari graffiti truk tersebut dan juga untuk menjelaskan perbedaan antara interpretasi pembaca perempuan dan laki-laki terhadap graffiti truk tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk analisis dokumen. Penelitian ini mengungkapkan persamaan pemahaman mengenai makna tersirat dari graffiti truk yakni graffiti tersebut mengenai mantan presiden, Soeharto yang menyapa rakyatnya dan ungkapan tersebut tampak seperti mengkritik pemerintahan yang sedang berkuasa. Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa pembaca laki-laki lebih kritis dalam hal menginterpretasi daripada pembaca perempuan. Penelitian ini juga menampilkan hasil analisis dari sudut pandang sintakmatik bahwa graffiti “Piye kabare? Enak’an jamanku to le?” bersifat komunikatif, graffiti ini memprovokasi pikiran pembaca untuk menmbandingkan pemerintah, tetapi penyampaian provokasi dan pembandingan tersebut diperhalus sedangkan graffiti “Iseh penak zamanku” menimbulkan kesan sombong. Selanjutnya, dari sudut pandang paradikmatik, kedua versi graffiti tersebut lebih baik dari versi graffiti lain yang bermaksud menyampaikan ide yang sama. Setelah melakukan penelitian ini, ditemukan bahwa pembaca tertarik terhadap graffiti truk karena ide yang dituliskannya dan graffiti truk sendiri merupakan kreativitas dalam mengekspresikan ide, protes, dan sebagainya. Penulis menyarankan agar penerapan dari Analisi Kritis Wacana ini dapat diberikan waktu yang lebih banyak sehingga akan lebih mudah untuk peneliti selanjutnya to menganalisa menggunakan teori yang sama dan juga penulis berharap bahwa peneliti selanjutnya bisa menganalisis lebih dalam lagi mengenai topik Critical Discourse Analysis (analisa wacana kritis) ini.

English Abstract

Penelitian ini adalah analisa mengenai kritik sosial Soeharto yang digunakan dalam graffiti truk. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan maksud tersirat dari graffiti truk tersebut dan juga untuk menjelaskan perbedaan antara interpretasi pembaca perempuan dan laki-laki terhadap graffiti truk tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk analisis dokumen. Penelitian ini mengungkapkan persamaan pemahaman mengenai makna tersirat dari graffiti truk yakni graffiti tersebut mengenai mantan presiden, Soeharto yang menyapa rakyatnya dan ungkapan tersebut tampak seperti mengkritik pemerintahan yang sedang berkuasa. Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa pembaca laki-laki lebih kritis dalam hal menginterpretasi daripada pembaca perempuan. Penelitian ini juga menampilkan hasil analisis dari sudut pandang sintakmatik bahwa graffiti “Piye kabare? Enak’an jamanku to le?” bersifat komunikatif, graffiti ini memprovokasi pikiran pembaca untuk menmbandingkan pemerintah, tetapi penyampaian provokasi dan pembandingan tersebut diperhalus sedangkan graffiti “Iseh penak zamanku” menimbulkan kesan sombong. Selanjutnya, dari sudut pandang paradikmatik, kedua versi graffiti tersebut lebih baik dari versi graffiti lain yang bermaksud menyampaikan ide yang sama. Setelah melakukan penelitian ini, ditemukan bahwa pembaca tertarik terhadap graffiti truk karena ide yang dituliskannya dan graffiti truk sendiri merupakan kreativitas dalam mengekspresikan ide, protes, dan sebagainya. Penulis menyarankan agar penerapan dari Analisi Kritis Wacana ini dapat diberikan waktu yang lebih banyak sehingga akan lebih mudah untuk peneliti selanjutnya to menganalisa menggunakan teori yang sama dan juga penulis berharap bahwa peneliti selanjutnya bisa menganalisis lebih dalam lagi mengenai topik Critical Discourse Analysis (analisa wacana kritis) ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2014/56/051400695
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 06 Feb 2014 14:15
Last Modified: 21 Oct 2021 08:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101217
[thumbnail of ABSTRACT_(v).pdf]
Preview
Text
ABSTRACT_(v).pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of CHAPTER_III_(hal_17).pdf]
Preview
Text
CHAPTER_III_(hal_17).pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of CHAPTER_1_(hal_1).pdf]
Preview
Text
CHAPTER_1_(hal_1).pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of CHAPTER_II_(hal_8).pdf]
Preview
Text
CHAPTER_II_(hal_8).pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of REFERENCES_(58).pdf]
Preview
Text
REFERENCES_(58).pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of CHAPTER_V_(hal_54).pdf]
Preview
Text
CHAPTER_V_(hal_54).pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of CHAPTER_IV_(hal_26).pdf]
Preview
Text
CHAPTER_IV_(hal_26).pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item