Setsuzokushi (Konjungsi Bahasa Jepang) Dalam Naskah Pidato Bahasa Jepang Tingkat Nasional Tahun 2012.

Arifin, Muchlis (2014) Setsuzokushi (Konjungsi Bahasa Jepang) Dalam Naskah Pidato Bahasa Jepang Tingkat Nasional Tahun 2012. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam bahasa Jepang terdapat banyak konjungsi. Sebagai contoh desukara, shikashi, shoshite dan lainnya. Konjungsi tersebut sering digunakan dalam perlombaan bahasa Jepang. Alasannya ialah untuk menghubungkan konteks kalimat serta alur percakapan yang disampaikan dalam bahasa Jepang. Konjungsi yang biasa dipakai yaitu junsetsu, gyaku setsu, wadai tenkan dan masih banyak yang lainnya. Konjungsi tersebut bukan hanya dipakai untuk menghubungkan saja, namun juga berguna untuk memberikan pemahaman yang lebih kepada pendengar tentang alur pembicaraan yang disampaikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konjungsi jenis apakah yang dipakai dalam sebuah teks pidato. Kemudian apakah fungsi konjungsi tersebut serta permasalahan yang muncul dalam penggunaan konjungsi dalam teks pidato bahasa Jepang. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Sedangkan data yang dipakai yaitu berupa 13 naskah pidato bahasa Jepang Tingkat Nasional Tahun 2012 yang telah dilaksanakan di Jakarta. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini ialah dalam teks tersebut ditemukan 104 buah konjungsi yang tersebar kedalam jenis junsetsu, gyakusetsu, heiritsu, sentaku, tenka, setsumei, dan wadai tenkan. Hal ini membuktikan bahwa tujuh jenis konjungsi dalam bahasa Jepang ada pada 13 naskah pidato tersebut. Dan yang paling banyak digunakan yaitu konjungsi shikashi dan soshite. Konjungsi yang dipakai dalam teks pidato sebagian besar berfungsi sebagai penghubung antar kalimat. Sedangkan yang berfungsi sebagai penghubung antar kata hanya ditemukan satu buah. Dalam pemakaiannya dijumpai pula teks pidato yang memakai konjungsi shikashi sebanyak 6 kali secara berturut-turut. Ini disebabkan karena konjungsi tersebut merupakan konjungsi yang paling populer di kalangan pembelajar bahasa Jepang. selain itu dikarenakan minimnya media pembelajaran serta informasi mengenai konjungsi bahasa Jepang serta faktor intern dari mahasiswa yang kurang aktif mencari informasi. Dalam penelitian ini ditemukan pula penggunaan konjungsi soshite dan soredemo yang tidak sesuai dengan aturan yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2014/475/051407912
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 28 Nov 2014 08:43
Last Modified: 24 Nov 2021 07:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101186
[thumbnail of COVER_DAN_DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
COVER_DAN_DAFTAR_ISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN_SAMPUL.pdf]
Preview
Text
HALAMAN_SAMPUL.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_TABEL.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_TABEL.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Kamus-Besar-Bahasa-Indonesia.pdf]
Preview
Text
Kamus-Besar-Bahasa-Indonesia.pdf

Download (12MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_TRANSLITERASI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_TRANSLITERASI.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK_INDONESIA.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK_INDONESIA.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item