Vibrianosa, Jezsa (2014) Penerapan Metode Pembelajaran Struktural Analisis Sintetik (SAS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis hanzi (汉字) Mahasiswa Bahasa dan Sastra Cina Semester II Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
hànzì (汉字) dibentuk dari sebuah gambar objek, satu karakter digunakan untuk satu kata, sehingga ada banyak hànzì (汉字). Begitu banyaknya karakter, membuat orang-orang kesulitan dalam membaca hànzì (汉字). Salah satu metode praktis dalam mempelajari hànzì (汉字) yaitu menggunakan kegiatan belajar pengamatan secara langsung dengan menggunakan metode pembelajaran Struktural Analitik Sintetik (SAS). SAS merupakan metode pembelajaran yang digunakan untuk belajar membaca dan menulis dasar. Biasanya SAS digunakan dalam belajar bahasa Indonesia di SD. Karena itulah dalam skripsi ini penulis akan menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran Struktural Analitik Sintetik (SAS) dalam menulis hànzì (汉字) pada mahasiswa Bahasa dan Sastra Cina Semester II Universitas Brawijaya. (2) Bagaimana efektivitas metode pembelajaran Struktural Analitik Sintetik (SAS) dalam menulis hànzì (汉字) pada mahasiswa Sastra Cina Semester II Universitas Brawijaya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kuantitatif merupakan teknik statistik yang memberikan informasi hanya mengenai data yang dimiliki, tidak bermaksud untuk menguji hipotesis dan kemudian menarik inferensi untuk data yang lebih besar. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata mahasiswa dapat menghafal hànzì (汉字) sebanyak 7 karakter dan pada tes 2 sebanyak 7,90 karakter, dengan rata-rata pīnyīn 5,37 pada tes 1 dan 7,37 pada tes 2, dan rata-rata arti sebanyak 4,70 dan 7,33. Selain itu juga terdapat rata-rata kesalahan dalam menulis aksara yaitu 0.90 pada tes 1 dan 0,23 pada tes 2. Dengan metode yang sudah diberikan dapat dilihat dengan jelas bahwa metode ini cukup efektif diterapkan pada mahasiswa semester II Bahasa dan Sastra Cina Universitas Brawijaya dan dapat meningkatkan kemampuan menulis hànzì (汉字).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2014/445/051405993 |
Subjects: | 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.1 Chinese |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Cina |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 12 Sep 2014 08:29 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 04:30 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101155 |
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
ZHAI_YAO.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_I.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_II.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_III.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_IV.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_V.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_GAMBAR.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_GRAFIK.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_TABEL.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
DARTAR_ISI.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
KATA_PENGANTAR.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
LAMPIRAN_1.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
LAMPIRAN_2.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
LAMPIRAN_3.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
LAMPIRAN_4.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
LAMPIRAN_5.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
PERNYATAAN_KEASLIAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
SAMPUL_DALAM.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |