Charles Benetto’s Dream in Depressive Condition and Its Effect Depicted in Mitch Albom’s For One More Day.

Ulfa, DianSophia (2014) Charles Benetto’s Dream in Depressive Condition and Its Effect Depicted in Mitch Albom’s For One More Day. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

For One More Day yang ditulis oleh Mitch Albom menggambarkan kondisi psikologis manusia. Novel tersebut merupakan salah satu novel yang mengeksplorasi persoalan tersebut, terutama mengenai bermimpi dalam kondisi depresi dan perubahan kepribadian. Hal-hal yang demikian dapat diidentifikasi melalui karakter, yang bernama Charles Benetto, sebagai representasi manusia di kehidupan nyata. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengeksplorasi hubungan antara depresi yang dialami Charles dan mimpinya (2) untuk mengetahui bagaimana mimpi Charles dapat mengubah kepribadiannya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif karena fenomena psikologis dari karakter utama dianalisis dengan cara deskriptif. Teori mimpi dan kepribadian oleh Jung diterapkan dalam menganalisis data yang ditemukan di dalam novel. Charles, tokoh utama dalam novel ini, memiliki beberapa gejala-gejala sebagai seseorang yang mengalami depresi setelah menghadapi beberapa masalah dalam hidupnya yang terjadi dalam keluarganya. Penyebab depresinya dan keinginanannya mengenai masalahnya berada di alam bawah sadarnya. Mereka mempengaruhi pikiran dan kemudian muncul dalam mimpinya. Ia bermimpi tentang hal-hal yang membuatnya khawatir dan keinginan yang belum terpenuhi. Mimpi ini memberikan pengaruh yang besar terhadap kepribadian Charles di masa depan karena dimimpinya ia mendapat beberapa pelajaran hidup melalui percakapan dengan ibunya yang sudah meninggal dan harapan yang akhirnya dapat terpenuhi. Kesimpulannya, terdapat hubungan antara depresi yang dialami Charles dengan mimpinya, dan mimpinya mempengaruhi perubahan kepribadian Charles di masa depan. Diharapkan, para peneliti berikutnya dapat menganalisis lebih lanjut mengenai bagaimana kepribadian Charles berkembang sejak dia masih kanakkanak sampai dewasa dan sebagai anak korban perceraian. Persoalan mengenai perceraian yang digambarkan di novel tersebut juga dapat di gali lebih jauh.

English Abstract

For One More Day by Mitch Albom portrays a psychological condition of human being. It is one of the novels that explores that issue, especially regarding dreaming in depressive condition and personality changes. These things can be identified through the character, named Charles Benetto, as the representation of human in the reality. Therefore, the objectives of this study are: (1) to explore the relation between Charles’ depression and his dream (2) to discover how Charles’ dream changes his personality. This study is carried out using qualitative approach since the psychological phenomenon of the main character is analyzed in descriptive ways. Jungian dream and personality theories are applied in analyzing the data that are found in the novel. Charles, the main character of the novel, has several symptoms as depressed person after facing several problems in his life that happen within his family. The causes and desires regarding his depression remain in his unconscious. Those affect his mind and later appear in his dream. He dreams about things that worry him and wishes that are unfulfilled. This dream gives a great influence on Charles’ personality in the future since in the dream he gets several life lessons through the conversation with his deceased mother and expectation that is finally met. In conclusion, there is a relation between Charles’ depression and his dream, and his dream affect the change of Charles’ personality in the future. Hopefully, the next researchers can analyze more about how Charles personality develops since childhood to adolescence and as a divorced child. Things about divorcement that is portrayed in the novel can also be explored more.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2014/392/051405663
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 08 Sep 2014 10:04
Last Modified: 18 Oct 2021 05:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101100
[thumbnail of DIAN_SOPHIA_ULFA.pdf]
Preview
Text
DIAN_SOPHIA_ULFA.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item