Kedudukan Haken Di Perusahaan Jepang Yang Tercermin Dalam Drama Haken No Hinkaku Karya Sutradara Nagumo Seiichi Dan Sato Toya

Nur, Syahidah (2014) Kedudukan Haken Di Perusahaan Jepang Yang Tercermin Dalam Drama Haken No Hinkaku Karya Sutradara Nagumo Seiichi Dan Sato Toya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Karya sastra adalah gambaran kenyataan dari suatu peristiwa yang terjadi di masyarakat. Salah satu bentuk karya sastra adalah drama. Penelitian ini menggunakan drama Haken no Hinkaku yang menceritakan tentang haken di perusahaan Jepang. Haken adalah pekerja yang dikirim dikirim ke perusahaanperusahaan besar melalui lembaga penempatan sementara (haken gaisya). Rumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah: bagaimana kedudukan haken di dalam perusahaan Jepang yang tercermin dalam drama Haken no Hinkaku karya sutradara Nagumo Seiichi dan Sato Toya. Penulis menggunakan teori sosiologi sastra milik Nyoman Kutha Ratna yakni pendekatan yang menitikberatkan pada sastra sebagai refleksi kehidupan untuk menggambarkan kedudukan haken di perusahaan Jepang. Selain itu untuk melihat faktor apa yang mempengaruhi kedudukan haken di perusahaan Jepang. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa drama Haken no Hinkaku sebagian besar telah menggambarkan kedudukan haken di perusahaan Jepang yang sebenarnya. Faktor-faktor yang mempengaruhi kedudukan haken di perusahaan adalah tugas-tugas yang dikerjakan oleh haken di perusahaan, pandangan pegawai tetap terhadap haken di perusahaan dan kesadaran haken akan posisinya di perusahaan. Dari tiga faktor tersebut telah diketahui bahwa kedudukan haken di perusahaan tidak lebih tinggi atau setara dengan pegawai tetap.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2014/38/051400519
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 05 Feb 2014 10:47
Last Modified: 18 Oct 2021 05:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101087
[thumbnail of SKRIPSI_SYAHIDAH_NUR_(0911120184).pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_SYAHIDAH_NUR_(0911120184).pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item