A Semiotic Analysis on Whiskas’s Big Cat Little Cat Edition Printed Advertisement.

Nisa, NabilahKhoirun (2014) A Semiotic Analysis on Whiskas’s Big Cat Little Cat Edition Printed Advertisement. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Iklan tidak dapat dipisahkan dar kehidupan manusia. Iklan adalah teknik pemasaran masa yang mempengaruhi konsumen mengapa mereka membutuhkan produk yang sedang diiklankan. Peneliti menggunakan iklan cetak Whiskas edisi Big Cat Little Cat untuk dianalisa. Terdapat dua rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Tanda tanda semiotika apa yang digunakan dalam iklan cetak Whiskas edisi Big Cat Little Cat Edition; (2) Apa arti dari masing-masing tanda yang terdapat pada iklan cetak Whiskas edisi Big Cat Little Cat. Dalam penelitian ini, metode kualitatif dengan analisa dokumen digunakan untuk menganalisa dan mengidentifikasi tanda, menemukan arti dari tanda dan hubungan dari tanda dan slogan yang ada pada iklan cetak Whiskas edisi Big Cat Little Cat. Peneliti menggunakan penulis menggunakan teori tipe-tipe tanda yang diusulkan Peirce untuk menganalisa data. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa terdapat total 69 tanda terdiri dari 32 ikon, 27 indeks dan 10 simbol ditemukan pada iklan cetak yang telah dianalisa menggunakan teori tipe-tipe tanda yang diusulkan Peirce. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada iklan cetak Whiskas edisi Big Cat Little Cat, ikon adalah tanda yang muncul terbanyak pada iklan tersebut. Tiap tiap tanda mempunyai peran untuk memperkuat dan memperjelas gagasan dari iklan tersebut. Logo dari Whiskas dan slogan “feeding your cat‟s instinct” muncul hampir di setiap iklan dan menjadi pengontrol dari gagasan yang terdapat pada iklan. Peneliti menyarankan Fakultas Ilmu Budaya untuk menyediakan lebih banyak buku tentang Semiotika baik yang berbahasa Inggris maupun yang berbahasa Indonesia karena hanya terdapat beberapa buku yang membahas tentang Semiotika. Peneliti juga menyarankan periset selanjutnya untuk menemukan objek penelitian lainnya seperti iklan bilboard, iklan TV, iklan internet, kartun politik, poster film dan lain lain untuk meningkatkan pemahaman pada bidang Semiotik.

English Abstract

Advertisement can‟t be separated with human life. It is a mass marketing technique which persuades the consumers to buy the product which is being advertised. The writer use Whiskas‟s Big Cat Little Cat Edition printed advertisement to analyze. There are two problems of the study namely (1) What kinds of semiotic signs are used on Whiskas‟s Big Cat Little Edition Printed Advertisement; (2) What is the meaning of each sign used on Whiskas‟s Big Cat Little Edition Printed Advertisement. In this study, a qualitative approach by document analysis is applied to analyze and identify the signs, find out the meaning of the sign and the relation between the slogan and the sign found in Whiskas‟s Big Cat Little Cat Edition Printed Advertisement. The writer uses Peirce‟s typology on sign in analyzing the data Based on the result, the writer found that there are signs total by 69 signs consisting of 32 icons, 27 indexes and 10 symbols found in the advertisements based on Peirce‟s typology of sign theory. Based on the study that has been conducted towards the printed advertisement of Whiskas‟s, the iconic signs were mostly used. Each sign has the role to strengthen and support the idea of the advertisement. The logo of Whiskas and the slogan “feeding your cat‟s insctinct” appears in almost all of the advertisement. They become the controller of the advertisement‟s idea. The researcher suggests Faculty of Cultural Studies to provide more books about semiotic both in English and Bahasa Indonesia since there are only a few books available in the library. The next writers are also suggested to find out other research‟s object such as billboard advertisement, TV advertisement, internet advertisement, movie posters, political cartoons and so on to gain a better understanding in Semiotic.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2014/369/051405640
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 09 Sep 2014 08:40
Last Modified: 18 Oct 2021 05:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101076
[thumbnail of SKRIPSI_NABILAH_KN.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_NABILAH_KN.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI_SECTIA_ANANDYNI_NURRITRI_(0911120175).pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_SECTIA_ANANDYNI_NURRITRI_(0911120175).pdf

Download (10MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item