Representation of Michel Foucault’s Power Relation in Deception Point by Dan Brown.

Pratiwi, Linda (2014) Representation of Michel Foucault’s Power Relation in Deception Point by Dan Brown. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu pembahasan dalam teori kekuasaan/pengetahuan oleh Foucault adalah analisis tentang relasi kekuasaan dimana fokus pada relasi dalam masyarakat khususnya dalam politik. Ilmu pengetahuan dalam relasi kekuasaan digunakan untuk mempertahankan kekuasaan. Novel Titik Muslihat oleh Dan Brown terbit pada tahun 2001 yang menceritakan sebuah penemuan ilmiah yang mengejutkan dengan muslihat yang cerdik. Disamping itu, novel Titik Muslihat menggambarkan dengan jelas politik thriller dalam kesussastraan yang berbeda dari cerita politik di dunia yang pernah ada. Titik Muslihat melukiskan relasi kekuasaan antara subjek dan sekutunya. Penggambaran relasi kekuasaan dalam gagasan Michel Foucault tentang politik, praktek dikursif, dan kekuasaan/ilmu pengetahuan dapat terlukis dalam Titik Muslihat oleh Dan Brown. Gagasannya adalah untuk menjalin‘pertemanan politik’ menjadi sekutu. Itu juga sebagai taktik-taktik atau strategi-strategi untuk mencapai sebuah tujuan politik. Pendekatan Pendekatan Cultural Studies digunakan dalam skripsi karena mendiskusikan politik dalam suatu negara. Untuk membuat analisis yang tepat, teori relasi kekuasaan dianalisis dalam dua belas karakter. Diantara dua belas karakter, terdapat dua orang karakter yang mempunyai kekuasaan. Mereka adalah Senator Thomas Sedgewick Sexton dan Zachary Herney. Mereka berdua adalah kandidat presiden di U.S. Berdasarkan latar belakang diatas, rumusan masalah dari skripsi ini adalah tentang bagaimana relasi kekuasaan terlukis pada novel Dan Brown yang berjudul Titik Muslihat. Hasil dari skripsi ini menunjukkan relasi kekuasaan dalam Titik Muslihat. Terdapat dua orang dalam relasi kekuasaan yang ditemukan dalam novel. Pertama adalah relasi kekuasaan antara Senator Sexton dengan sekertarisnya Gabrielle Ashe and Private Aero Space dan kedua adalah antara presiden Zachary Herney dengan Lawrence Ekstrom plus NASA, Ilmuwan Sipil, Marjorie Tench, Rachel Sexton dan William Pickering plus Delta Force. Relasi kekuasaan terlihat pada mereka dan cara yang digunakan sebagai strategi dalam politik. Penulis menyarankan kepada penulis berikutnya yang ingin menggunakan Titik Muslihat oleh Dan Brown sebagai bahan kajian dalam analisis dapat menganalisa dampak psikologis dari relasi kekuasaan yang telah terjadi pada karakter-karakter utama. Mereka juga dapat menggunakan relasi kekuasaan pada seksualitas dan relasi kekuasaan pada media yang berhubungan dengan hegemony.

English Abstract

One discussion in the theory of Power/knowledge by Foucault is the analysis of power relation which focuses on the relation in the society especially in politics. The knowledge in power relation is used to maintain power. Deception Point novel by Dan Brown published in 2001 describes the scientific discovery surprising with an ingenious deception. Nevertheless, Deception Point clearly portrays distinct political thriller in literary works that ever exist in the world. Deception Point portrays power relation between subjects and alliance. Representation of Michele Foucault’s power relation within his ideas about politics, discursive practice and power/knowledge can be portrayed in Deception Point by Dan Brown. His ideas are to interlace ‘political friendship’ become alliance. It is also as tactics or strategies to reach a political goal. Cultural studies approach is applied in this study because discussing about politic in a state. To make a reliable analysis, twelve characters are analyzed by using theory of power relation. Among twelve characters, there are two characters who have power. They are Senator Thomas Sedgewick Sexton and Zachary Herney. Both of them are the candidate president in U.S. According to the background above, the problem of the study is about how the power relation is portrayed in Dan Brown’s novel titled Deception Point. The result of this study shows that the power relation is found in Deception Point. There are two persons in power relation found in the novel. The First is the power relation between Senator Thomas Sedgewick Sexton with Gabrielle Ashe and Private Aero Space; the second is the power relation between Zachary Herney and Lawrence Ekstrom plus NASA, Civilian Scientists, Marjorie Tench, Rachel Sexton and William Pickering plus Delta Force. The power relation is shown by the candidates’ action and used as the strategy in the politic. The writer has the following advice to the next researchers who want to use Deception Point by Dan Brown as the material objects of analysis to analyze psychological impact of power relation done by the main characters. They can also apply power relation in sexuality and power relation in media relating to hegemony.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2014/317/051405038
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Sep 2014 10:44
Last Modified: 18 Oct 2021 04:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101017
[thumbnail of PDF_SKRIPSI.PDF]
Preview
Other
PDF_SKRIPSI.PDF

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item