Morphological Markers Of Verb Modality In Javanese Surabaya Dialect

Zulferdi, LazuarAzmi (2014) Morphological Markers Of Verb Modality In Javanese Surabaya Dialect. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dialek adalah variasi bahasa yang memiliki pola fonologi, morfologi, sintaksis, dan kosa kata unik. Dialek diucapkan dan digunakan oleh suatu masyarakat bahasa tertentu. Salah satu dialek di Indonesia adalah Bahasa Jawa Dialek Surabaya (BJDS). Keunikan BJDS dapat dilihat dari segi morfologi dan kata kerja modalitasnya. Dengan demikian, studi ini dilakukan untuk menggambarkan karakteristik penanda morfologi dan penggunaan kata kerja modalitas di BJDS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dari penelitian ini adalah kata kerja yang berisi penanda morfologi yang mencirikan karakteristik bahasa Jawa dialek Surabaya. Dalam pengumpulan data, digunakan Teknik Pancing (Stimulating Technique) dan wawancara terstruktur. Dalam analisis data, data dimasukkan ke dalam tabel sesuai dengan penanda morfologi yang teridentifikasi dari kata kerja BJDS. Penjelasan lebih lanjut sesuai dengan teori penanda morfologis dan kata kerja modalitas menjadi bagian dari analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada 72 kata kerja turunan dalam bahasa Jawa dialek Surabaya yang diambil dari 12 kata dasar bahasa Jawa standar. Sebagian besar kata kerja turunan memiliki karakteristik yang mirip dengan penanda morfologi dalam bahasa Jawa standar. Namun, ada dua penanda morfologi yang tidak masuk kategori di bahasa Jawa standar. Mereka mengungkapkan keunikan penanda morfologi dalam BJDS. Selain itu, tiga jenis kata kerja modalitas yang terjadi paling sering dalam komunikasi sehari-hari penutur asli dari BJDS ditemukan. Ketiga jenis kata kerja modalitas tersebut adalah indikatif, imperatif, dan subjungtif optatif. Kesimpulan dari studi ini, karakteristik bahasa Jawa dialek Surabaya memiliki banyak kesamaan dan perbedaan yang kecil dengan penanda morfologi dalam bahasa Jawa standar. Hal ini ditunjukan dari keunikan dalam penanda morfologi yang digunakan dalam beberapa kata. Untuk penelitian lebih lanjut pada bidang dialek, penulis menyarankan kepada penulis selanjutnya yang tertarik dalam bahasa Jawa dialek Surabaya untuk menganalisisnya dari segi fonologi dan sintaksis.

English Abstract

Dialect is a variety of a language that has unique patterns of phonology, morphology, syntax, and vocabulary. Dialect is spoken and understood by a particular language society. One of dialects in Indonesia is Javanese Surabaya Dialect (JSD). The uniqueness of JSD can be seen through its morphology and verb modality. Thus, this study was conducted to describe the characteristics of morphological marker and the use of verb modality in JSD. This study used a qualitative approach. The data are verbs which contain morphological markers that characterize Javanese Surabaya dialect. In collecting the data, Stimulating Technique or Teknik Pancing and structured interview were employed. In data analysis, the data were put into tables in accordance with morphological markers identified from the verbs. Further explanations according to the morphological markers and verb modality theory become part of the analysis. The results of this study revealed that there were 72 inflected verbs in Javanese Surabaya dialect taken from 12 base verbs of standard Javanese. Most of the inflected verbs have similar characteristics with the morphological markers in standard Javanese. However, there were two morphological markers which were not in the category of standard one. They reveal the uniqueness of morphological markers in Javanese Surabaya dialect. In addition, three types of verb modality occurred most often in the daily communication of native speaker of JSD were found. They are indicative, imperative, and subjunctive optative. In conclusion, the characteristics of Javanese Surabaya dialect share a major similarity and minor difference with the morphological markers in standard Javanese. It has uniqueness in the morphological markers used in some of the words. For further research in dialect, it is suggested that the next writers who are interested in Javanese Surabaya dialect to analyze it from phonological and syntactical point of view.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2014/31/051400512
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 04 Feb 2014 14:06
Last Modified: 18 Oct 2021 03:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101009
[thumbnail of THESIS_-_LAZUAR_AZMI_ZULFERDI_-_105110101111097.pdf]
Preview
Text
THESIS_-_LAZUAR_AZMI_ZULFERDI_-_105110101111097.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item