Analisis Kesalahan Pengucapan Sokuon Pada Mahasiswa S1 Sastra Jepang Angkatan 2010-2011 Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya.

Olivia, Livie (2014) Analisis Kesalahan Pengucapan Sokuon Pada Mahasiswa S1 Sastra Jepang Angkatan 2010-2011 Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelafalan atau hatsuon merupakan komponen penting dalam mempelajari bahasa Jepang selain tata bahasa, kosa kata, dan penulisan huruf kanji. Salah satu jenis hatsuon yang dianggap sulit oleh pembelajar bahasa Jepang adalah sokuon atau bunyi konsonan rangkap. Untuk menjawab 2 rumusan masalah berikut, penulis mengadakan penelitian tentang analisis kesalahan pelafalalan sokuon pada mahasiswa Sastra Jepang angkatan 2010 dan 2011. Rumusan masalah tersebut adalah (1) jenis kesalahan apa sajakah yang muncul saat mahasiswa S1 Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya mengucapkan kata yang mempunyai sokuon dan (2) apa penyebab kesalahan mahasiswa S1 Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya saat mengucapkan kata yang mempunyai sokuon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan 2 jenis instrumen, yaitu tes dan kuisioner. Data berasal dari 60 responden yang merupakan mahasiswa angkatan 2010 dan angkatan 2011. Hasil penelitian menunjukkan 65% responden mampu melafalkan sokuon dengan benar. Terdapat 6 jenis kesalahan yang dilakukan responden, yaitu (1) kesalahan pengungkapan, kesalahan yang dilakukan oleh hampir seluruh responden (2) kesalahan perorangan, dimana terdapat 45% responden yang melakukan kesalahan ini (3) kesalahan kelompok (4) kesalahan transfer (5) kesalahan menganalogi dan (6) kesalahan penerimaan, yang hanya ditemui pada kuisioner. Selain itu, penulis juga menemukan 6 penyebab terjadinya kesalahan, yaitu (1) transfer positif (2) pemukulrataan secara berlebihan (3) kebiasaan pembelajar (4) kurang memperhatikan perintah dan bacaan dengan seksama (5) pemahaman mengenai sokuon dan (6) kurangnya kesadaran pembelajar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan perlu diadakan mata kuliah khusus untuk hatsuon. Selain itu, penulis menyarankan perlu diadakan penelitian tentang 促音の知覚 (sokuon no chikaku) atau Geminates Perception agar dapat memberi referensi pembelajar mengenai pelafalan sokuon yang benar, serta penelitian tentang intonasi, karena berdasarkan data, masih sedikit mahasiswa yang mampu melafalkan suatu kalimat dengan intonasi yang benar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2014/306/051404934
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 18 Nov 2014 08:14
Last Modified: 18 Oct 2021 03:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101005
[thumbnail of SKRIPSI_LIVIE_OLIVIA.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_LIVIE_OLIVIA.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item