Wijiana, Putri (2014) The Application Of Language Learning Strategies And Their Relationship With English Achievement Of The Students At Smkn 1 Singosari Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dalam mempelajari Bahasa Inggris, pelajar sering menghadapi banyak kesulitan seperti pengucapan, kosa kata, dll. Jadi, mereka perlu strategi belajar untuk menyelesaikannya dan meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris mereka. Dalam sistem pendidikan Indonesia, Bahasa Inggris merupakan salah satu syarat kelulusan di sekolah menengah. Kemudian, peneliti menggunakan teori Oxford (1990) untuk menganalisi strategi pembelajaran bahasa. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu pengaplikasian strategi pembelajaran bahasa dan hubungan antara strategi pembelajaran bahasa dengan nilai Bahasa Inggris yang dicapai oleh siswa kelas 11 SMKN 1 Singosari Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif karena datanya merupakan hasil dari kuesioner SILL yang diisi oleh tigapuluh siswa kelas 11 jurusan Alat Berat SMKN 1 Singosari Malang dan nilai Bahasa Inggris mereka dari semester sebelumnya. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran bahasa secara keseluruhan jatuh pada tingkat menengah dengan nilai rata-rata 2.60. Strategi kompensasi merupakan strategi pembelajaran bahasa yang paling sering digunakan oleh para siswa dengan nilai rata-rata 2.97. Strategi berikutnya adalah strategi afektif, metakognitif, kognitif, sosial dan memori. Selanjutnya, penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara enam kategori strategi pembelajaran bahasa dan prestasi bahasa Inggris mereka. Hal ini mungkin disebabkan oleh tujuan belajar mereka yang lebih fokus untuk mendapatkan nilai Bahasa Inggris yang bagus daripada untuk meningkatkan keterampilan mereka. Para guru disarankan untuk memperkenalkan pengaplikasian strategi pembelajaran bahasa yang tepat kepada siswa. Selanjutnya, para siswa sebaiknya menyadari untuk menggunakan strategi pembelajaran bahasa karena dapat meningkatkan prestasi mereka. Untuk peneliti selanjutnya, mereka disarankan untuk menggunakan nilai Bahasa Inggris lainnya, faktor lain yang mempengaruhi pemilihan strategi pembelajaran bahasa sebagai variabel dan menggunakan lebih banyak sampel untuk penelitian mendatang.
English Abstract
In learning English, learners often face many difficulties such as pronunciation, vocabulary, etc. So, they need learning strategies to solve them in order to improve their English skills. In Indonesian educational system, English is one of the requirements for graduation in high schools. The writer used Oxford’s (1990) theory in analyzing language learning strategies. Therefore, this study is aimed to investigate the application of language learning strategies and the relationship between language learning strategies and English achievement of 11th grade students of SMKN 1 Singosari Malang. This study used quantitative approach since the data were the scores of SILL questionnaire filled by thirty students on 11th grade at Heavy Equipment Department of SMKN 1 Singosari Malang and their previous semester English score. This study reveals that the use of overall language learning strategies falls into medium level with the mean score of 2.60. Compensation strategies are the most frequently used with the mean score of 2.97. The following strategies used by the students are affective, metacognitive, cognitive, social and memory strategies. In addition, there is no significant relationship between the six categories of language learning strategies and their English achievement. It may be caused by their aim in learning English in which they focus more on getting a good grade rather than improving their skills. It is suggested that the teachers should introduce the appropriate language learning strategies to the students. Next, the students should be aware of using language learning strategies to enhance their achievement. For the next researchers, they can use other English achievement, additional factors influencing the choice of language learning strategies as variables, and employ more samples for future studies.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2014/297/051404803 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 20 Aug 2014 09:21 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 05:43 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100995 |
Preview |
Text
skripsi_full_doc.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |