Pratama, AlfianFebriandi (2014) Strategies in Apologizing among Writers in Pembaca Menulis Column at Jawa Pos Newspaper. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Komunikasi adalah kebutuhan primer untuk kehidupan sosial. Komunikasi juga digunakan untuk meminta maaf. Maaf merupakan tindak tutur yang digunakan untuk memperbaiki hubungan antara pembicara dan pendengar yang tersinggung baik itu dicengaja ataupun tidak disengaja. Meminta maaf juga ada di media massa. Peneliti meneliti tentang strategi meminta maaf yang digunakan oleh penulis di kolom Pembaca Menulis di Koran Jawa Pos yang diterbitkan pada tanggal 11 Januari sampai 28 Februari 2013. Ada dua permasalahan yang akan dipecahkan: (1) strategi meminta maaf apa saja yang digunakan penulis di kolom Pembaca Menulis di Koran Jawa Pos, dan (2) bagaimana strategi itu ditunjukkan dalam tindak tutur langsung dan tidak langsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena analisa datanya dalam bentuk deskripsi bukan dalam bentuk angka. Penelitian ini merupakan analisa dalam bentuk dokumen karena peneliti menganalisa ungkapan penulis di kolom Pembaca Menulis di Koran Jawa Pos yang mengandung permintaan maaf. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada tujuh strategi yang ditemukan untuk melengkapi teori dari Trosborg. Ketujuh strategi tersebut adalah (1) pengakuan, (2) permintaan maaf secara eksplisit, (3) permintaan maaf secara eksplisit diikuti dengan penjelasan, (4) permintaan maaf secara tidak langsung diikuti dengan penjelasan, (5) permintaan maaf diikuti dengan pembenaran, (6) permintaan maaf secara eksplisit diikuti dengan dengan teguran, dan (7) menolak untuk meminta maaf. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa ada 17 ungkapan yang menggunakan tindak tutur langsung. Berdasarkan temuan tersebut, bisa disimpulkan bahwa untuk meminta maaf dalam Bahasa Indonesia itu mudah. Penulis di kolom Pembaca Menulis meminta maaf untuk beberapa alasan. Pertama, mereka menyadari kesalahan mereka, kedua, mereka mencegah agar tidak terjadi komplain lebih lanjut, dan ketiga, nilai maaf di Indonesia terlihat lebih rendah daripada di negara yang berbahasa Inggris. Setiap bahasa memiliki cara tersendiri untuk meminta maaf yang sangat dipengaruhi oleh kebudayaan yang ada. Peneliti menyarankan untuk peneliti selanjutnya agar menggunakan objek berbahasa Indonesia yang diperoleh dari observasi percakapan sehari-hari untuk melengkapi teori dari Trosborg.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2014/29/051400510 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Hasbi |
Date Deposited: | 04 Feb 2014 14:00 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 05:40 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100987 |
Preview |
Text
(10)_Chapter_II.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
(12)_CHAPTER_IV_fian.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
(13)_CHAPTER_V.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
(9)_chapter_I.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
(14)_references.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
(11)_CHAPTER_III.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
(15)_APPENDIX.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
(1)_COVER_fian.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
(17)_Appendix_berita_acara_bimbingan.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
(16)_isi_Appendix_fian.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
(2)_COVER_DEPAN_fian.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
(3)_DECLARATION_OF_AUTHORSHIP_fian.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
(4)_SUPERVISOR_APPROVAL_fian.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
(5)_Board_of_Examiners_fian.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
(7)_ACKNOWLEDGEMENTS_fian.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
(6)_ABSTRACT_fian.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
(8)_TABLE_OF_CONTENTS_fian.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |