Dampak Ijime Pada Tokoh Tokiko Umezawa Dalam Novel Tenseijyutsu Satsujin Jiken Karya Soji Shimada

Nafsah, Zakiyah (2014) Dampak Ijime Pada Tokoh Tokiko Umezawa Dalam Novel Tenseijyutsu Satsujin Jiken Karya Soji Shimada. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Skripsi ini membahas tentang dampak ijime terhadap tokoh Tokiko Umezawa dalam novel Tenseijyutsu Satsujin Jiken. Karakteristik Ijime adalah (1. Dilakukan terhadap seseorang yang lemah 2. Selain itu, dilakukan secara terus-menerus menyerang fisik maupun psikologis 3. Korban akan mengalami rasa sakit yang serius). ijime bisa saja terjadi didalam atau di luar lingkungan sekolah. Penelitian dilakukan dengan menggunakan teori Sosiologi sastra. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tokoh Tokiko Umezawa mengalami tindakan ijime baik ijime verbal, fisik dan relasional, namun bentuk tindakan ijime yang paling banyak ia terima adalah ijime relasional (pengabaian). Tindakan-tindakan ijime yang ia terima menimbulkan dampak antara lain Tokiko Umezawa menjadi kesepian, putus asa, mencoba untuk melakukan bunuh diri, membalas dendam terhadap orang-orang yang melakukan ijime terhadap dirinya, serta memfitnah Masako sebagai pelaku pembunuhan yang ia lakukan. Penulis menyarankan bagi penelitian selanjutnya yang ingin meneliti novel Tenseijyutsu Satsujin Jiken, dapat meneliti tokoh utama dengan menggunakan teori psikologi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2014/287/051404742
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 Aug 2014 14:50
Last Modified: 18 Oct 2021 05:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100984
[thumbnail of Dampak_Ijime_Pada_Tokoh_Tokiko_Umezawa_Dalam_Novel_Tenseijyutsu_Satsujin_Jiken_Karya_Soji_Shimada_(Zak~1.pdf]
Preview
Text
Dampak_Ijime_Pada_Tokoh_Tokiko_Umezawa_Dalam_Novel_Tenseijyutsu_Satsujin_Jiken_Karya_Soji_Shimada_(Zak~1.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item