Analisis Kesalahan Penggunaan Gairaigo pada Mahasiswa Sastra Jepang Angkatan 2010 Universitas Brawijaya.

Pratiwi, IkaMila (2014) Analisis Kesalahan Penggunaan Gairaigo pada Mahasiswa Sastra Jepang Angkatan 2010 Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ditemukan banyaknya kesalahan dalam penulisan gairaigo oleh mahasiswa. Oleh karena itu penulis tertarik untuk mengambil judul penelitian Analisis Kesalahan Penggunaan Gairaigo pada Mahasiswa Sastra Jepang Angkatan 2010 Universitas Brawijaya Malang. Masalah yang dimunculkan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan jenis kesalahan dalam penulisan gairaigo, serta mengetahui penyebab kesalahan tersebut. Analisis Kesalahan merupakan teknik untuk mengetahui penyebab kesalahan. Dalam analisis kesalahan terdapat jenis dan penyebab kesalahan. Kaidah penulisan katakana dalam gairaigo terbagi menjadi 4 kategori, yaitu kosakata yang memiliki susunan CVCV (konsonan-vokal-konsonan-vokal), kosakata yang mengandung dua atau lebih konsonan secara berturut-turut (-CC-), kosakata yang menggunakan bunyi panjang dinyatakan dengan tanda (ー), dan kosakata yang menggunakan bunyi konsonan ganda dinyatakan dengan memakai ッ (tsu) kecil. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan menggunakan instrumen penelitian berupa soal dan angket. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa program studi Sastra Jepang Universitas Brawijaya angkatan 2010. Jumlah soal keseluruhan adalah 25 dengan responden berjumlah 27 orang. Data dianalisis menggunakan tabel dan persentase kemudian dijelaskan dengan kalimat. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan kesalahan yang terjadi yaitu kesalahan pengungkapan, kesalahan perorangan, kesalahan kelompok, kesalahan menganalogi dan kesalahan transfer. Sedangkan penyebab kesalahan yang terjadi yaitu bahasa ibu dan kebiasaan, lingkungan serta pendapat populer. Berdasarkan temuan di lapangan penulis menyimpulkan terdapat banyak mahasiswa yang melakukan kesalahan terutama dalam penggunaan bunyi panjang (ー) dan konsonan ganda (ッ). Penulis juga menyarankan kepada pengajar agar mengajarkan materi secara menyeluruh pada semua siswa serta menerapkan teknik mengajar yang lebih menarik sehingga dapat mengurangi kesalahan yang terjadi dan siswa menjadi paham tentang tata cara penulisan gairaigo yang baik dan benar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2014/282/051404622
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 Aug 2014 14:22
Last Modified: 18 Oct 2021 05:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100979
[thumbnail of BAGIAN_DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN_DEPAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of ISI.pdf]
Preview
Text
ISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item