Fungsi Shuujoshi Na, Ne, dan Yo dalam Manga Azuki-chan Jilid 1 Karya Yasushi Akimoto dan Chika Kimura.

Prasiwi, LuciaDesi (2014) Fungsi Shuujoshi Na, Ne, dan Yo dalam Manga Azuki-chan Jilid 1 Karya Yasushi Akimoto dan Chika Kimura. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Struktur kalimat bahasa Jepang memiliki banyak keunikan apabila dibandingkan dengan bahasa lain. Khususnya dengan adanya shuujoshi, yaitu partikel yang biasanya berada pada akhir kalimat bahasa jepang informal. Kegunaan shuujoshi adalah untuk mewakili berbagai emosi dari sang pembicara. Sayangnya, materi mengenai shuujoshi belum diajarkan secara khusus di jurusan Sastra Jepang Universitas Brawijaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui fungsi yang terkandung dalam shuujoshi na, ne, dan yo dalam komik Azuki-Chan jilid 1 dan untuk mengetahui apakah ketiga shuujoshi tersebut dapat saling bersubstitusi atau tidak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Obyek dalam penelitian ini adalah 340 kalimat yang mengandung shuujoshi na, ne, dan yo pada manga “Azuki-Chan” jilid 1. Penggunaan shuujoshi na dalam manga ini sebanyak 83 kalimat, shuujoshi ne sebanyak 109 kalimat, shuujoshi yo sebanyak 148 kalimat. Shuujoshi na berfungsi untuk menunjukkan larangan, perintah, emosi atau perasaan, menyatakan penegasan, kalimat tanya, atau keinginan pembicara. Shuujoshi ne berfungsi untuk menyatakan ajakan, pertanyaan, perasaan kagum, pujian, kecewa, atau terkejut, menunjukkan ketegasan pikiran, menunjukkan persetujuan, menunjukkan permintaan dan perintah. Shuujoshi yo berfungsi untuk menyatakan ajakan, permohonan, perintah, larangan, menegaskan atau menjelaskan sesuatu, menunjukkan omelan, amarah atau menghina. Ketiganya dapat saling bersubstitusi satu sama lain apabila memiliki fungsi menunjukkan perintah, menunjukkan ketegasan pikiran, dan menekankan pendapat pribadi. Penulis menyarankan agar peneliti selanjutnya meneliti fungsi dari ragam shuujoshi yang lainnya Hal tersebut dikarenakan masih banyak ragam shuujoshi lain yang sangat menarik untuk diteliti. Selain itu, dapat juga menggunakan objek kajian penelitian yang lebih bervariasi seperti film atau novel.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2014/243/051404383
Subjects: 800 Literature (Belles-letters) amd rhetorics > 895 Literatures of East and Southeast Asia > 895.6 Japanese literature
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 11 Aug 2014 08:44
Last Modified: 18 Oct 2021 04:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100936
[thumbnail of SkripsiLuciaDesiPrasiwi.pdf]
Preview
Text
SkripsiLuciaDesiPrasiwi.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item