An Analysis Of Computer-Mediated Communication Found In Facebook Status

A, WulanSuci (2014) An Analysis Of Computer-Mediated Communication Found In Facebook Status. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bahasa ialah elemen utama dalam kehidupan sosial, terutama untuk berkomunikasi. Ada dua jenis bahasa, yaitu bahasa lisan dan tulisan. Computer – Mediated Communication (CMC) adalah salah satu jenis komunikasi melalui media komputer pada jaman sekarang yang didalamnya terdapat bahasa lisan dan tulisan. Facebook adalah salah satu media sosial yang populer yang merupakan bagian dari CMC. Penulis mengadakan penelitian tentang fenomena bahasa yang terdapat pada status facebook untuk melihat bagaimana teori bahasa tulisan yang telah berubah seiring dengan munculnya CMC. Karena itulah dalam studi ini penulis akan menjawab rumusan masalah dalam penelitian, yaitu (1) Apa ciri-ciri CMC yang digunakan oleh pengguna facebook, and (2) Apa faktor yang mempengaruhi status facebook yang terdapat ciri-ciri CMC. Penelitian ini menggunakan teori dari Paolillo (2001) tentang ciri-ciri CMC, yaitu ortografi, perbendaharaan kata, tata bahasa, percakapan dalam teks, dan tulisan tangan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif khususnya analisis dokumen atau teks karena yang dianalisis adalah kalimat dalam status facebook. Penulis mempunyai 103 status facebook yang terdapat ciri-ciri MC, yaitu portografi, perbendaharaan kata, tata bahasa, percakapan dalam teks, dan tulisan tangan. Dalam satu status facebook bisa ditemukan lebih dari satu ciri CMC. Ciri CMC yang paling banyak ditemukan adalah tulisan tangan dengan jumlah 92 status, diikuti oleh 45 status ciri tata bahasa. Kemudian 36 status ciri ortografi, diikuti oleh percakapan dalam teks sejumlah 19 status. Ciri terakhir adalah perbendaharaan kata sejumlah 17 status. Dari 103 status facebook, hanya ada satu status yang tidak mempunyai ciri-ciri CMC sehingga merupakan standar bahasa tulisan yang sudah baik dan benar. Ada beberapa faktor yang menyebabkan adanya ciri-ciri CMC, tetapi dalam penelitian ini hanya faktor jenis kelamin dan umur yang terlihat jelas di dalam facebook. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ciri-ciri CMC benar-benar terdapat pada media sosial, khususnya pada status facebook. Orang bebas menulis apapun yang mereka inginkan di media sosial tanpa harus berpikir tentang baku atau tidaknya bahasa mereka. Peneliti menyarankan kepada peneliti selanjutnya untuk mencari tentang fenomena bahasa lainnya karena hal tersebut merupakan topik yang menarik untuk pembaca. Contohnya adalah fenomena bahasa alay yang menurut sebagian orang susah untuk dimengerti. Mereka bisa menanyakan makna dari beberapa kalimat dalam bahasa alay. Dia juga menyarankan untuk membahas pada media sosial yang lain, seperti twitter, blog, blackberry messenger, dan lain lain. Saran yang terakhir adalah menggunakan berbagai pendekatan untuk menganalisis datanya.

English Abstract

Language is a major element in a human society, especially for communication. There are two forms of how a language is produced, namely oral (spoken) and written forms. Computer-Mediated Communication (CMC) is a kind of communication by computer today which have both oral and written forms. Facebook is a popular social networking sites which can be included into one of CMC types. The writer conducted a research about language phenomenon found in facebook status to see how the written theory has changed with the coming of CMC. There are two problems to be solved the study, those are : (1) What the characteristics of Computer-Mediated Communication which are used by facebook users, and (2) What the factors influencing facebook status which have the characteristics of Computer-Mediated Communication. This study uses the Paolillo’s theory (2001) about characteristics of CMC. Those are orthography, vocabulary, grammar, discourse text, and paralinguistic graphic. This study uses qualitative approach especially document or textual analysis because it analyzes the sentences in facebook status. The researcher has 103 facebook status which have characteristics of CMC. The characteristics found in facebook status are orthography, vocabulary, grammar, discourse text, and paralinguistic graphic. Sometimes, a facebook status has more than a characteristic of CMC. But, the characteristic mostly found in facebook status is paralinguistic graphic with the total of 92 status, followed by 45 status of grammar characteristic. The next one is 36 status of orthography, followed by discourse text with the total of 19 status. The last characteristic is vocabulary. It has 17 status. From 103 facebook status, there is just one status which has not characteristic of CMC and it is standard of written language. Actually, there aresome factors why people use the characteristics of CMC, but in this research, there are gender and age factors which can be clearly seen in facebook. As the conclusion, characteristics of CMC really exist in the social media, especially in facebook status. People are free to write everything they want in social media without thinking about the formality or standardization of the language. The researcher suggests to the next researchers to find out other language phenomena because those are interesting topic for the readers. For the example is Bahasa alay phenomenon. It is confusing for some people. They can ask the participants about the meaning of the sentences in Bahasa alay. She also suggests to discuss other social media, like twitter, blog, blackberry messenger, and so on. In addition, it is also expected that the next researchers use more various approaches to analyze the data.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2014/24/051400505
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 04 Feb 2014 14:12
Last Modified: 18 Oct 2021 04:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100934
[thumbnail of Skripsi_All.PDF]
Preview
Other
Skripsi_All.PDF

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item