Speech Acts Analysis in the Slogan of Car Advertisements in Jawa Pos Newspaper.

Widyaka, ZeyaFirdaus (2014) Speech Acts Analysis in the Slogan of Car Advertisements in Jawa Pos Newspaper. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bahasa selalu berhubungan dengan tindakan. Ketika seseorang melakukan komunikasi, mereka tidak hanya menyampaikan pesan, tetapi mereka juga melakukan tindakan dalam ucapan mereka. Fenomena tersebut dikenal sebagai tindak tutur. Ada tiga jenis tindak tutur; tindak lokusi yang berkenaan dengan semua yang dikatakan oleh pembicara, tindak ilokusi yang berkenaan dengan maksud dari pembicara, dan tindak perlokusi yang berkenaan dengan efek dari tindak ilokusi terhadap pendengar. Tindak tutur dapat ditemukan pada kegiatan komunikasi sehari-hari, contohnya dapat ditemukan pada slogan. Pada penelitian ini, penulis menganalisa tindak tutur pada ungkapan slogan dalam iklan mobil di Koran Jawa Pos. Tiga rumusan masalah yang ingin dijawab adalah: (1) Apa saja tindak lokusi dan ilokusi yang digunakan pada slogan iklan mobil?; (2) Apa tipe kalimat yang digunakan pada slogan iklan mobil?; (3) Apa tipe tindak ilokusi yang paling sering digunakan pada slogan iklan mobil?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis dokumen karena fokus studi ini menganalisa ujaran yang tertulis pada slogan. Data dikumpulkan dari slogan iklan mobil di Koran Jawa Pos dari bulan Desember 2013 sampai Februari 2014. Data akan dianalisis menggunakan teori tindak tutur oleh Searle. Sedangkan untuk tipe kalimat dianalisis menggunakan teori Yule. Dari 26 ujaran pada slogan, ditemukan bahwa ujaran-ujaran slogan tersebut menerapkan tindak tutur, khususnya tindak lokusi dan ilokusi. Tipe tindak ilokusi yang ditemukan dalam ujaran-ujaran slogan iklan mobil adalah representatif, direktif, dan deklaratif. Untuk tipe kalimat yang digunakan pada ujaran-ujaran slogan iklan mobil adalah dalam kalimat deklaratif yang berfungsi untuk memberikan informasi dan kalimat imperatif yang befungsi untuk meminta pendengar atau pembaca melakukan sesuatu. Kemudian, tipe tindak ilokusi yang paling sering digunakan dalam slogan iklan mobil adalah representatif. Penulis menyarankan peneliti selanjutnya menganalisis slogan lain untuk mengetahui maksud penulis slogan dalam kalimat slogan. Selain itu, peneliti selanjutnya juga disarankan agar mencari objek lain seperti pidato, naskah film, komik, dan berbagai media lainnya.

English Abstract

anguage is always related to acts. When people are doing communication, they are not only delivering the message, but also performing an action from the utterance. This phenomenon is called speech acts. There are three types of speech act; locutionary act refers to what the speaker said, illocutionary act refers to force by the speaker, and perlocutionary act refers to the effect of the illocutionary act to the hearer. Speech acts can be found in daily communication, for example it can be found in slogan. In this study, the writer analyzes speech act within utterances contained in the slogan of car advertisements in Jawa Pos newspaper. There are three problems to be solved: (1) What are the locutionary and illocutionary acts used in slogan of car advertisements; (2) What are the types of sentences used in slogan of car advertisements; (3) What type of illocutionary act is mostly used in slogan of car advertisements. This study used qualitative approach in document analysis since it focused on analyzing the utterances written in slogan. The data were collected from the slogan of car advertisements in Jawa Pos newspaper from December 2013 until February 2014. Then the data were analyzed by using Searle‟s theory of speech act and using Yule‟s theory to analyze the types of sentences. From 26 utterances, it was found that those slogan utterances apply speech acts, especially locutionary and illocutionary acts. Illocutionary acts were found in the forms of representative, directive, and declarative. Then, the types of sentences found in the slogan utterances of car advertisements are declaratives which are used to give information and imperatives which are used to make someone to do something. Furthermore, the most frequent type of illocutionary acts found in the slogan utterance of car advertisement is representative. The writer suggests the next researchers to analyze other slogan utterances to find out the slogan writer‟s intents within the slogan utterances. In addition, it is suggested to the next researchers to investigate

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2014/236/051404376
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 08 Aug 2014 15:56
Last Modified: 08 Aug 2014 15:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100928
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item