Apology Strategies Performed by Main Characters in Perahu Kertas Novel.

Kusuma, DeviliaIndah (2014) Apology Strategies Performed by Main Characters in Perahu Kertas Novel. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Permintaan maaf adalah bagian dari komunikasi manusia yang digunakan untuk menjaga hubungan baik atau untuk mengembalikan keharmonisan. Peneliti melakukan penelitian tentang strategi dalam permintaan maaf di Bahasa Indonesia, khususnya dengan menganalisis novel berjudul Perahu Kertas. Ada dua permasalahan yang dipecahkan dalam penelitian ini, yaitu: (1) strategi permintaan maaf apa saja yang digunakan oleh pemeran utama dalam novel Perahu Kertas, dan (2) bagaimana permintaan maaf itu disangatkan oleh pemeran utama dalam novel Perahu Kertas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena analisa datanya dalam bentuk deskripsi bukan dalam bentuk angka. Penelitian ini dikategorikan sebagai analisis dokumen karena peneliti menganalisa novel berjudul Perahu Kertas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi permintaan maaf dibagi menjadi dua strategi yaitu strategi langsung dan tidak langsung. Strategi langsung direpresentasikan ke dalam 11 strategi, yaitu: meminimalkan pelanggaran, permintaan maaf secara eksplisit, permintaan maaf secara eksplisit diikuti oleh penjelasan, pengakuan kesalahan, penyesalan, permohonan ampun, kepedulian terhadap pendengar, bersikap jujur, menyembunyikan sesuatu, dan pembatalan. Strategi tidak langsung direpresentasikan ke dalam 4 strategi, yaitu: menyerang pengeluh, menyalahkan orang lain, permintaan secara maaf implisit dan permintaan maaf secara implisit diikuti oleh penjelasan. Penelitian ini menunjukkan bahwa tindakan meminta maaf dapat disangatkan secara langsung dan tidak langsung. Strategi langsung direpresentasikan ke dalam 5 strategi, yaitu: penjelasan, pengulangan, intensifikasi leksikal, permohonan, dan janji. Strategi tidak langsung direpresentasikan ke dalam 2 strategi, yaitu: penjelasan dan konfirmasi. Penulis menyarankan untuk peneliti selanjutnya agar menggunakan objekobjek lain untuk menyempurnakan taksonomi strategi permintaan maaf dalam Bahasa Indonesia. Penulis juga menyarankan untuk Program Studi Bahasa Inggris Universitas Brawijaya untuk menambahkan lebih banyak referensi yang berkaitan dengan topik ini agar peneliti selanjutnya bisa memberikan banyak tinjauan literatur yang mampu mendukung analisis penelitian mereka.

English Abstract

Apology is a part of human communication to maintain good relations between people or to restore harmony. The writer conducted a research on apology strategies in Bahasa Indonesia, by analyzing a novel entitled Perahu Kertas. In this study, there are two problems to be solved: (1) What apology strategies are performed by main characters in Perahu Kertas novel, and (2) How is the act of apologizing upgraded by main characters in Perahu Kertas novel. This study used qualitative approach because the analysis is in the form of description rather than number. Then, this research is categorized as document analysis because the writer analyzed the novel entitled Perahu Kertas. The result of this study shows that apology strategies are divided into two main groups that are direct and indirect strategy. Direct strategy is represented into 11 strategies: minimizing the offense, explicit apology, explicit apology followed by explanation, explicit explanation followed by minimizing the offense, recantation, regret, request for forgiveness, concern for hearer, being honest, hiding something and cancellation. Indirect strategy is represented into 4 strategies: attacking the complainer, blaming someone else, implicit apology and implicit apology followed by explanation. Besides, this study suggests that the act of apologizing can be upgraded directly and indirectly. Direct strategy is represented into 5 strategies: explanation, reiteration, lexical intensification, supplication, and promise. Indirect strategy is represented into 2 strategies: explanation and confirmation. The writer suggests that future researchers use more objects in Bahasa Indonesia in order to complete the taxonomy of apology strategy in it. The writer also suggests that Study Program of English at Universitas Brawijaya add more references related to this topic so that future researchers could present rich literature review that is able to support the analysis of their study.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2014/234/051404374
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 08 Aug 2014 15:45
Last Modified: 18 Oct 2021 04:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100926
[thumbnail of APOLOGY_STRATEGIES_PERFORMED_BY_MAIN_CHARACTERS_IN_PERAHU_KERTAS_NOVEL.pdf]
Preview
Text
APOLOGY_STRATEGIES_PERFORMED_BY_MAIN_CHARACTERS_IN_PERAHU_KERTAS_NOVEL.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item