Analisis Kesalahan Gramatikal Keterangan Waktu Jiù , Cái, Gāng Gāng, Tū Rán, Yǐ Jing Pada Karangan Mahasiswa Semester Iii Prodi Bahasa Dan Sastra Cina Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya

Teodosia, Anna (2014) Analisis Kesalahan Gramatikal Keterangan Waktu Jiù , Cái, Gāng Gāng, Tū Rán, Yǐ Jing Pada Karangan Mahasiswa Semester Iii Prodi Bahasa Dan Sastra Cina Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sintaksis adalah bidang linguistik. Sintaksis membahas seperti frasa, klausa serta kalimat. Analisis dalam penelitian ini menggunakan keterangan waktu jiù(就),cái (才), gāng gāng (刚刚), t ū rán (突然), y ǐ jing(已经) yang diterapkan dalam karangan dengan tema perjalanan. Pada umumnya,kesalahan yang terjadi adalah kesalahan penggunaan keterangan waktu yang tidak tepat. Hal ini disebabkan karena mahasiswa belum memahami akan penggunaan keterangan waktu tersebut yang pengertiannya hampir sama. Peneliti merasa tertarik untuk membahas keterangan waktu jiù(就),cái (才), gang gang (刚刚), t ū rán (突然), y ǐ jing(已经)dan digunakan untuk menjawab rumusan serta tujuan masalah yaitu kesalahan penggunaan dan struktur dalam keterangan waktu tersebut. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif, analisis data berupa angka. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa mayoritas mahasiswa semester III dikategorikan dalam golongan sangat mampu. Peneliti menyarankan agar penelitian selanjutnya tetap menggunakan objek yaitu mahasiswa dengan konsep tata bahasa yang berbeda, sehingga penjelasan serta penelitian tentang tata bahasa lebih beragam.

English Abstract

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2014/219/051404139
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.1 Chinese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Cina
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 08 Aug 2014 13:29
Last Modified: 08 Aug 2014 13:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100911
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item