Ayubadiah, Fitrahnanda (2014) A Study on Gender-Based Differences in Apology Strategies of English Department Students in Campus Setting. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mencaritahu strategi permintaan maaf yang digunakan oleh mahasiswa program studi Sastra Inggris Universitas Brawijaya. Terdapat dua rumusan masalah: (1) apa saja jenis dan perbedaan strategi permintaan maaf yang digunakan oleh mahasiswa dan mahasiswi program studi Sastra Inggris Universitas Brawijaya dan (2) apa saja faktor yang mempengaruhi perbedaan strategi permintaan maaf yang digunakan oleh mahasiswa dan mahasiswi program studi Sastra Inggris Universitas Brawijaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena data yang dikumpulkan adalah dalam bentuk kalimat. Rancangan penelitian ini adalah analisis konten karena penelitian ini menganalisis kalimat dari mahasiswa dan mahasiswi. Sepuluh mahasiswa yang terdiri dari 5 pria dan 5 wanita dipilih dengan kriteria tertentu. Dalam penelitian ini ditemukan ada empat strategi yang digunakan oleh mahasiswa yaitu (1) menjelaskan atau melaporkan tentang situasi,(2) mengekspresi permintaan maaf, (3) menawarkan perbaikan dan (4) mengakui tanggung jawab. Mahasiswi menggunakan enam strategi yaitu (1) mengekspresikan permintaan maaf, (2) menjelaskan atau melaporkan tentang situasi, (3) menawarkan perbaikan, (4) mengakui tanggung jawab, (5) janji untuk kesabaran dan (6) peduli terhadap pendengar. Penelitian ini mengungkapkan bahwa mahasiswa dan mahasiswi cenderung menggunakan strategi permintaan maaf yang berbeda. Mahasiswa lebih cenderung menggunakan strategi menjelaskan atau melaporkan situasi sedangkan mahasiswi lebih cenderung menggunakan strategi ekspresi permintaan maaf daripada mahasiswa. Mahasiswi menggunakan strategi mengakui tanggung jawab kepada teman-teman sementara mahasiswa hanya menggunakan strategi ini terhadap dosen. Strategi menawarkan perbaikan secara langsung lebih banyak digunakan oleh mahasiswa. Faktor yang mempengaruhi perbedaan dalam penggunaan strategi permintaan maaf adalah wanita cenderung melibatkan perasaan pribadi, menekankan pada kerukunan dan kesetiakawanan dan meminta maaf untuk kesalahan kecil sementara pria menggunakan pemikiran logika, menekankan pada kekuasaan dan status, dan lebih suka mendapatkan atau memberikan solusi daripada simpati. Penulis menyarankan peneliti selanjutnya untuk menyelidiki permintaan maaf dari aspek yang berbeda: usia, status sosial, dan sebagainya, perbedaan dalam menanggapi permintaan maaf terutama dalam menggunakan Bahasa Indonesia. Dan terakhir, peneliti selanjutnya dapat menggunakan teori klasifikasi strategi permintaan maaf lainnya.
English Abstract
This study is aimed to find out the apology strategies used by students of English Department Universitas Brawijaya. There were two problems of the study: (1) what are the types of apology strategies used by male and female students of English Department Universitas Brawijaya and (2) what are the factors that facilitate the differences of apology strategies used by male and female students of English Department Universitas Brawijaya. This study used qualitative approach since the data collected are in the form of sentences. This research design was content analysis since this study analyzed the utterances of male and female students. Ten students consisting of 5 male and 5 female students are chosen with certain criteria. This study found there are four strategies used by male students namely (1) explanation or account of situation, (2) expression of apology, (3) offer of repair, and (4) acknowledgement of responsibility. Female students use six strategies namely (1) expression of apology, (2) explanation or account of situation, (3) offer of repair, (4) acknowledgement of responsibility, (5) promise for forbearance and (6) concern for hearer. The result reveals that male and female students tend to use different strategies in making apology. Male students tend to use explanation or account of situation strategy while female students tend to use expression of apology strategy. Female students use acknowledgement of responsibility strategy toward friends more while male students only use this strategy toward lecturers. Direct offer of repair are mostly used by male students. The factors that facilitate the use of different apology strategies are female usually involves personal feeling, emphasizes in intimacy and solidarity and apologizes for light offences whereas male uses logical thinking, emphasizes in power and status and prefer getting or giving solution rather than to sympathy. The writer suggests the next researcher investigate apology strategies from different aspects: ages, social status and so on. The next researcher may investigate the differences in apology responses especially in using Bahasa Indonesia. Last, the next researcher can use other theories about apology strategies classification.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2014/216/051403895 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Hasbi |
Date Deposited: | 17 Jul 2014 10:51 |
Last Modified: | 24 Nov 2021 07:29 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100908 |
Preview |
Text
[PDF]_A_Study_on_Gender-Based_Differences_in_Apology_Strategies_of_English_Department_Students_in.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |